Kadis dan Kepala Sekolah Yakin Kelulusan 100 Persen

07 April 2016 - 19:38:59 | 895 | PENDIDIKAN

DL/07042016/MESUJI

----- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mesuji Syamsudin melalui Kabid Dikmen Joko Nurhedi mengatakan bahwa siswa-siswi SMA/SMK/MA di Mesuji tingkat kelulusannya akan mencapai seratus persen. Pernyataan optimis ini dengan argumentasi bahwa persiapan  menghadapi ujian nasional (UN) yang dilaksanakan mulai hari Senin, 4 April 2016  sudah matang.

“Kami sangat optimis tingkat kelulusan baik siswa- siswi SD, SMP dan SMA dapat lulus seratus persen. Sebelum menghadapi UN sudah diperintahkan seluruh kepala sekolah dan dewan guru untuk mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi UN sebagai ujian penentu kelulusannya,” Ujarnya.

Menurut Joko, persiapan menghadapi UN itu mulai dilakukan siswa-siswi baik mengikuti les privat, pra UN, dan ujian sekolah lainnya, artinya, siswa ini sudah siap menghadapi UN.

“Persiapan UN sudah matang, artinya bila siswa-siswi ini tidak lulus saat mengikuti UN tentunya bukan kesalahan sekolah dan itu mutlak  anak didik sendiri yang memang tidak  belajar dengan sungguh-sungguh. Sebab, berbagai upaya sudah dilakukan pihak sekolah agar tingkat  kelulusan siswa dapat seratus persen,” tegasnya.

Joko mengakui memang tingkat kelulusan ini ditentukan sekolah masing-masing, akan tetapi angka tingkat kelulusan siswa-siswi ini harus mencapai 5,5 sesuai standar nasional.

Sementara itu, kepala sekolah  SMAN 1  Tanjungraya, Saleh Udin juga optimis bila seluruh siswa-siswi dapat lulus seratus persen. Sebab, pelaksanaan UN tahun 2016  ini penuh integritas dan kejujuran menuju pendidikan yang berkarakter.

“Kalau masalah hasilnya, kelulusan sudah dipersiapkan sejak jauh hari sebelum pelaksanaan UN. Siswa-siswi dapat lulus seratus persen dengan angka 5,5. Memang bila siswa-siswi ini tidak mencapai nilai 5,5 maka mereka harus mengikuti ujian perbaikan untuk mata pelajaran yang tidak lulus itu saja,” jelasnya. (sup)