Dendi Sarankan Siswa Konsentrasi

06 April 2016 - 20:41:16 | 779 | PENDIDIKAN


DL/06042016/Pesawaran

----- Bupati Pesawaran, dendi Ramadhona, menegaskan bahwa para siswa peserta ujian harus mulai konsenterasi mengikuti ujian nasional (UN), karena ini yang menjadi salah satu penentu kelulusan para siswa. Ini diungkapkan dendi saat meninjau dan memantau pelaksanaan UN di SMA Negeri I Gedongtataan, Senin, 4 april 2016.

Pada UN tahun 2016 ini di SMAN 1 Gedongtataan diikuti 238 siswa kelas XII dan dilaksanakan menggunakan sistim komputerisasi atau ujian nasional berbasis komputer (UNBK). “Kita akan tingkatkan sarana dan prasarana pendukung, seperti  komputer agar pelaksanaan UNBK dapat lebih baik lagi,” ujarnya.

Kepala SMAN 1 Gedongtataan Zainal mengatakan, UNBK ini merupakan yang pertama dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya. “Ini UNBK pertama di SMAN 1 Gedongtataan. Pesertanya terdiri dari 80 siswa  jurusan IPS dan 158 siswa jurusan IPA,“ kata Zainal.

Menurut Zainal, dengan sistem UNBK para siswa lebih mudah mengisi jawaban soal ujian. UNBK akan berlangsung hingga 12 April 2016. “Setiap harinya, ujian kita laksanakan dalam tiga sesi. Setiap sesi diikuti 40 peserta,” terangnya.

Dia menjelaskan, penetapan kelulusan UN tahun ini dilakukan oleh pihak sekolah masing-masing. “Nilai ujian bukan satu-satunya tolok ukur menetapkan kelulusan. Ada kriteria lain yang  bisa menunjang kelulusan siswa, diantaranya  nilai ujian sekolah dan daftar hadir siswa atau absen. Saya yakin siswa SMAN 1 Gedongtataan dapat mencapai tingkat kelulusan UN 100 persen.”  jelasnya. (HK)