Mobile Clinic Dapat Penghargaan Pemerintah Pusat

01 April 2016 - 17:58:52 | 817 | KESEHATAN

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mewakili Gubernur Lampung menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, di Surabaya.

DL/01042016/Surabaya

---- Pemerintah Provinsi Lampung menerima penghargaan inovasi pelayanan publik tingkat provinsi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang telah melakukan inovasi dalam pelayanan publik, Provinsi Lampung sendiri masuk dalam 12 besar kategori Provinsi.

Pemberian Penghargaan untuk Lampung diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mewakili Gubernur Lampung.

Dalam pengantarnya Reihana menjelaskan bahwa penghargaan kali ini dikhususkan pada bidang kesehatan. Provinsi Lampung dinilai baik dalam melakukan pelayanan kesehatan melalui Rumah Sakit Keliling (Mobile Clinic). Dimana nantinya dapat diperuntukkan bagi daerah otonomi baru yang belum memiliki RSUD serta menjangkau daerah-daerah terpencil yang masyarakatnya membutuhkan bantuan medis "ujar Reihana.

Inovasi Rumah Sakit Keliling ini terdiri dari 5 unit kendaraan, dengan rincian 2 Unit diperuntukkan untuk pemeriksaan umum, tindakan operasi, THT, kebidanan, pemeriksaan anak, penyakit dalam.Dalam mobil ini terdiri dari ruang pemeriksaan dan tindakan operasi unit ini juga dilengkapi dengan Laboratorium serta Bank Darah.

Unit kendaraan lainnya yakni 1 mobil radiologi, 1 mobil recovery (i care unit) atau mini ICU yang diperuntukkan sebagai ruang pemulihan pasca operasi, dan terakhir 1 unit kendaraan operasional angkutan tenaga medis yang diperuntukkan bagi para dokter spesialis dan juru rawat.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, Haris Fadillah mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada pemerintah Provinsi Lampung ini merupakan apresiasi pemerintah pusat atas upaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Lampung.

“Pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan upaya-upaya nyata dalam memberikan inovasi pelayan bagi publik, penghargaan ini juga diharapkan mampu memberikan motivasi kepada SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Ini bukti bahwa kita bisa bersaing dengan Provinsi lainnya di Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Dalam acara yang digelar di Jatim Expo Surabaya ini, selain dilakukan penyerahan penghargaan diadakan juga Simposium, Gelar pameran inovasi dari total 99 penerima penghargaan yang terdiri dari kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia serta diadakan juga peluncuran buku Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang dibuat menjadi dua bahasa.

Hadir dalam acara ini Menteri PAN-RB Republik Indonesia Yuddy Chrisnandi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Mantan Menteri PAN-RB Kabinet Indonesia Bersatu Azwar Abu Bakar, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Mirawati Sudjono serta para perwakilan penerima penghargaan kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia. (fer)