Pemkab Diminta Dukung Sekolah Gratis

23 Maret 2016 - 07:22:22 | 1064 | BERITA DAERAH

DL/23032016/Tubabar

---- Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri menegaskan bahwa keberhasilan program strategis Provinsi Lampung dan mengatasi berbagai persoalan diperlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan termasuk Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hal tersebut disampaikannya ketika membuka Musrenbang Kabupaten Tulang Bawang Barat, Selasa, 22 Maret 2016.

Wagub menyampaikan, program pembangunan yang perlu dilaksanakan di Tulang Bawang Barat, pertama penyiapan lahan di Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk dukungan pengembangan kawasan industri seluas ± 5.000 ha. 

Kedua penyiapan kawasan pendukung pertanian dan peternakan masyarakat sebagai lumbung ternak. Ketiga penyelesaian substansi teknis dan legalitas Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sebagai panduan rancang bangun penggunaan ruang, sebagai salah satu upaya meminimalisasi konversi lahan, khususnya dari lahan pertanian menjadi non pertanian.

“Selain itu akan dilaksanakan program pendidikan gratis untuk tingkat SMA/SMK/MA sesuai dengan kewenangan Pemerintah Provinsi. Untuk itu diminta Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat mendukung program pendidikan gratis untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs,” jelas Wagub.

Pemerintah Provinsi juga memprioritaskan peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas dan jaringannya dengan pendekatan keluarga, dalam rangka mengurangi angka kematian ibu, bayi, dan kurang gizi.

Wagub juga meminta agar Provinsi dan Kabupaten dapat bersinergi melalui program/kegiatan Gerbang Desa Saburai dalam upaya pengentasan kemiskinan khususnya sasaran desa tertinggal di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Selain itu terkait dengan implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 diminta kepada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk segera menyelesaikan aspek P3D selambat-lambatnya pada akhir Maret 2016 ini,” ujar Bachtiar.

Musrenbang akan membahas penajaman dan penyelarasan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan. “Untuk itu berbagai program dan kegiatan daerah  perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan yang menjadi kewenangan pemerintah   provinsi   maupun   pemerintah  pusat, agar dikoordinasikan dengan SKPD Provinsi Lampung. Selanjutnya akan dibahas dalam forum Musrenbang Provinsi Lampung pada 5 April 2016," kata Wagub mengingatkan.

Sementara itu Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad, mengatakan bahwa Sinkronisasi pembangunan antara Pemerintah Kabupaten, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. “Diharapkan Pemerintah Provinsi terus memperhatikan perkembangan serta mensupport berbagai program unggulan guna kesejahteraan rakyat,” ungkap Bupati. (Ril)