Musrenbang Lampung Utara Fokus Diversifikasi Pangan

18 Maret 2016 - 19:45:19 | 2862 | BERITA DAERAH

DL/18032016/Kotabumi

---- Bupati Agung Ilmu Mangkunegara buka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2016 di Aula Tapis Pemkab setempat Kamis (17/3).

 Acara ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs.Budi Harto.HN

 Musrenbang ini telah melalui suatu proses dan tahapan perencanaan yang cukup panjang, dimulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum Gabungan SKPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat.

Selanjutnya mensinkronkan dengan program pembangunan Nasional dan Provinsi dengan mempertimbangkan segenap aspek sumber daya yang ada. 

Dalam sambutannya Bupati Agung juga menjelaskan rencana pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan tuntutan masyarakat yang berkeinginan segera untuk dipenuhi. Agung juga menjelaskan dimasa dua tahun kepemimpinannya telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang semula berjumlah Rp23 Miliar, pada tahun 2015 terealisasi Rp95 Miliar lebih.

Pada tahun ini pemerintah akan meningkatan pelayanan dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Dengan mengalokasikan belanja 9 unit kendaraan operasional bagi puskesmas, serta alokasi belanja untuk pembangunan Puskesmas Rawat Inap sebanyak 8 unit. 

Menyelaraskan prioritas dan sasaran program dan kegiatan untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia, baik dilingkungan pemerintah daerah, pendidikan dasar dan pendidikan menengah, yang didukung dengan perbaikan berbagai sarana serta prasarana pendidikan.

Peningkatan dan rehabilitasi jalan dan jembatan, guna memperlancar akses barang dan orang. Memastikan program dan kegiatan untuk mendukung kebijakan kemandirian dan ketahanan pangan seperti diversifikasi pangan, membuka atau mengembangkan lahan baru.

Hal ini guna mendukung serta memenuhi target 1 juta ton produksi pertanian Provinsi Lampung. Penurunan prosentase masyarakat kurang mampu, dengan melakukan pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan sehingga penghasilan masyarakat dapat meningkat.

“Saya berharap melalui pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk merumuskan program atau kegiatan dan kebijakan. Membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.” Harap Agung. ( Zani)