Anna Morinda: Mari Hidup Sehat Tanpa Asap Rokok

16 Maret 2016 - 05:03:48 | 2430 | KESEHATAN

DL/15032016/Kota Metro

---- Kebiasaan merokok di tempat umum disadari atau tidak, sebenarnya sangat mengganggu bagi orang lain yang tidak merokok, karena  asap rokok akan  memberikan dampak buruk kepada orang lain yang tidak merokok sebagai perokok pasif.

“ Maka ini perlu diketahui oleh anggota masyarakat yang merokok, bahwa ada dampak buruk yang ditimbulkan dari asap rokoknya kepada orang lain. Oleh karenanya sosialisasi ini untuk tidak merokok di sembarang tempat saat ini dicanangkan.” Kata Anna Morinda, ketua DPRD Kota Metro pada Musrenbang Dinas kesehatan yang digelar di gedung Wanita Kota Metro, Selasa, 15 Maret 2016.

Pada kesempatan itu, Anna mengajak segenap lapian masyarakat untuk bersama-sama mensosialisasikan atau himbauan kepada setiap orang untuk tindak merokok di sembarang tempat.

“Kami tidak melarang orang untuk merokok. Tapi, tolong hormati juga orang yang tidak merokok. Silahkan Anda merokok di tempat terbuka sehingga asap rokok yang dihasilkan tidak mengganggu orang lain,” jelas Anna.

Saat ini jumlah perokok bukan semakin berkurang, namun semakin bertambah. Untuk itu pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling menghormati, karena perilaku merokok di sembarang tempat mudah sekali ditiru oleh anak-anak.

“Jangan sampai, generasi muda kita masih kecil-kecil sudah kecanduan rokok sehingga masa depan mereka terganggu akibat kecanduan rokok,” ujarnya.

Disinggung masalah sangsi denda bagi orang yang merokok di sembarang tempat menurut Anna, hal itu belum dapat diterapkan pasalnya masih banyak hal yang harus dipertimbangkan. Saat ini pihaknya lebih mengedepankan sosialisasi Perda Larangan Merokok  dan ajakan untuk tidak merokok di tempat umum, seperti area Perkantoran, lingkungan sekolah, tempat ibadah, serta fasilitas umum lainya.

“ Tujuannya untuk menyadarkan para perokok agar tidak merokok di tempat-tempat umum, syukur-syukur dengan pendekatan dan sosialissasi mereka sadar dan berhenti untuk tidak merokok. Yang pasti kami mengajak untuk saling menghormati. Karena disitu juga ada hak orang lain yang tidak merokok dan sudah barang tentu bagi yang tidak merokok ingin nyaman menghirup udara segar dan sehat,” tuntasnya. (Igun)