Dendi: Ayo Jaga Lingkungan Hidup

10 Maret 2016 - 23:08:37 | 1323 | BERITA DAERAH


DL/10032016/PESAWARAN

---- Bupati Pesawaran, Dendi Romadhona menegaskan bahwa momentum Hari Sampah Nasional ini harus dimaknai dengan komitmen tinggi semua pihak untuk menjaga lingkungan. Terutama untuk peduli membersihkan sampah dari lingkungan manapun.

Ini diungkapkan Dendi saat bergotong-royong membersihkan sampah  di kawasan Pantai Dermaga Ketapang, Kecamatan Telukpandan, Wakil Bupati, Eriawan, dan jajarannya Kamis, 10 Maret 2016.

Melestarikan alam dan lingkungan adalah kewajiban semua elemen masyarakat, bukan hanya pemerintah. “Lingkungan itu kan kita semua yang mempergunakan dan menikmati, maka ayo kita jaga bersama-sama. Jangan sampai kita berpersepsi bahwa ini tugas si A atau si B. Ini tugas kita bersama,” ujar Dendi.

Dalam kegiatan seremonial seperti ini biasanya terlihat banyak orang yang turut dalam gerakan kebersihan lingkungan, namun setelah itu tidak ada lagi kepeduliannya.

Dendi berharap bahwa kesadaran itu tumbuh dari dalam diri masing-masing untuk saling mengingatkan dan menjaga lingkungan hidup ini bersama-sama.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pesawaran, Ajpani mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya maksimal melakukan pengeloalaan sampah.

“Kita semua tahu, bahwa sampah tidak bisa  kita hindari, namun bisa dikurangi, bahkan kemungkinan bisa dikendalikan melalui pengelolaan secara sitematis, menyeluruh dan berkesinambungan,” ujar  kata Ajpani.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan dan pengurangan sampah meliputi tiga kegiatan, yakni reduce atau  pembatasan timbulan sampah. Kemudian reuse, yaitu pemanfaatan kembali sampah atau penggunaan ulang sampah dan recycle, pendaur ulangan sampah.

“Bila sampah yang tersisa tak dapat dimanfaatkan secara langsung, maka diupayakan diolah untuk dimanfaatkan sebagai sumberdaya, bahan baku atau sumber energi,” jelasnya. (HK)