Bimtek Untuk Mentransfer Pengetahuan

02 Februari 2016 - 11:57:13 | 1014 | BERITA DAERAH

 

DL/02022016/Liwa

----- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (Bappeda)  setempat, menggelar kegiatan bimbingan teknis kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atas penyusunan data perjanjian kinerja dan laporan kinerja 2016. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Bappeda, Senin, (1/2).

Kegiatan tersebut, dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian Noviardi Kuswan dihadiri Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Kementrian PAN Dan Reformasi Birokrasi sebagai nara sumber Bimtek, Ahmad Yunus dan Hatni, serta undangan lainnya.

Noviardi Kuswan menyampaikan peran aparatur pemerintah agar semua tugas dan kegiatan dapat terlaksana dengan baik, sehingga arah dan tujuan pembangunan dapat diwujudkan di Kabupaten Lambar.

Diperlukan pengembangan dan penerapan suatu sistem pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan yang tepat, cepat dan akurat serta transparan. “Pelaksanaan pembangunan yang berorientasi, dapat berlangsung agar berdaya dan berhasil guna, serta mewujudkan tata pemerintahan dengan baik, bersih dan transparan,” jelasnya.

Kelancaran penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan nasional dan daerah sangat tergantung pada kualitas kinerja aparatur yang ada.

“Hal terpenting yang diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan secara memadai hasil analisis terhadap pengukuran kinerja. Dalam hal perkembangan Kabupaten Lambar masih berada pada posisi yang belum baik atas penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja pemerintahanya.” Tambahnya.

Nilai CC Untuk Lambar

Asisten juga menyampaikan, pemerintah pusat beberapa waktu lalu sudah menilai kinerja di Kabupaten Lambar dengan nilai atau peringkat CC. ”Hal ini kita patut bangga karena yang mendapat nilai CC itu cuma 3 Kabupaten Tanggamus dan Metro dan yang lain masih C. Itu artinya kita lebih baik dari kabupaten-kabupaten yang lain, ini adalah instrument. Tetapi yang penting, disamping peringkat CC harus dicapai juga dengan menyajikan laporan yang bagus,” Ujar Kuswan.

Sementara itu Kepala Bappeda Lambar, Okmal, menyampaikan salah satu latar belakang dari kegiatan  Bimtek ini adalah dalam penyelenggaraan atau tata kelola pemerintahan adalah akuntabilitas yang terdapat pemahaman bahwa setiap instansi pemerintah diharapkan mampu mengimplentasikan pelaksanan sistem akuntabilitas kinerja dimasing-masing organisasi.

Ini juga berdasarkan peraturan Presiden RI No. 29 tahun 2014 sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi  pemerintah. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No.53 tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian Kinerja, pelaporan Kinerja dan tata  cara Review atas laporan  kinerja Instansi pemerintah.

“Pada 3 Tahun terakhir Lambar masih dikatakan posisi berkisaran 3 besar atas hasil evaluasi akuntabilitas kinerja se Provinsi Lampung. Namun secara nasional Lambar masih tertinggal jauh dari kabupaten Lain,” Jelasnya.

Okmal juga menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk memberikan transfer pengetahuan, wawasan, serta pemahaman kepada masing-masing SKPD dalam Implentasi sisten AKIP khususnya penyusunan data perjanjian kinerja dan laporan kinerja. (Anton)