Dinas Parekraf Pesawaran Data Pengusaha

02 Februari 2016 - 08:59:50 | 3186 | PARIWISATA

 

DL/02022016/Pesawaran

---- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Pesawaran mulai mendata pengusaha yang terkait dengan domain tugasnya, agar semua pengusaha yang ada di daerah itu tercatat dengan baik. Ini diungkapkan Noni, Kepala seksi Jasa Usaha Dinas Parekraf, di ruang kerjanya, Senin (1/2).

“Kami sedang melakukan pendataan, agar semua pengusaha dapat memberikan data perusahaannya baik besar atau kecil. Dalam inventarisasi ini akan sangat bermanfaat kedua pihak. Maka dari itu kami menghimbau agar para pemilik usaha bekerjasama dengan kami,” ujar Noni.

Menurutnya, para pengusaha juga harus sudah mulai diberikan pengetahuan tentang peraturan Menteri Pariwisata terkait dengan Tanda Daftar Usaha Pariwissta (TDUP ) yang berlaku untuk 1 tahun. “Kini ada peraturan menteri tentang Permen Kebudayaan dan Pariwisata, dan ini ada resikonya jika tidak diindahkan, bahkan hingga pencabutan ijin usaha. Namun demikian kami akan sosialisasikan dulu agar semua mengerti,” tambahnya.

Diakui tak akan buru-buru menerapkan sanksi-sanksi sesuai peraturan yang ada, karena saat ini pengusaha masih sangat beragam, bahkan ada yang belum mapan. “Kami berharap para pengusaha segera melakukan pendaftaran ke kami. Meskipun kami juga tahu ada yang baru mulai dan belum mapan. Semua ada pertimbangannya. Saat ini kami hanya focus pada jumlah pengusaha di wilayah kami dulu, yang lain sambil berjalan,” kata Noni.

Pengusaha yang masuk criteria didaftar Dinas Parekraf adalah pengusaha hiburan, rekreasi dan rumah makan serta penginapan besar maupun kecil. “Ini terkait dengan persyaratan pengurusan ijin sesuai dengan Permen Kebudayaan dan Pariwisata nomor: PM.85/HK.501/MKP/2010.” Ungkapnya.

Jika semua bekerjasama dengan baik maka akan berjalan lancer sesuai dengan keinginan bersama. (HK)