Jembatan Way Umpu Baru Direhab Sudah Jebol

28 Januari 2016 - 12:51:41 | 7155 | BERITA DAERAH

 

DL/27012016/Way Kanan

---- Bagaimana mau mempertanggungjawabkan mutu, kalau baru dua bulan dilakukan rehabilitasi sudah rusak kembali. Ini gambaran yang ada pada fisik jembatan Way Umpu di jalur lintas tengah Sumatera kampung Negeri Baru Kecamatan Blambangan Umpu Way Kanan.

Jembatan yang menghubungkan kabupaten Way Kanan dengan ibukota provinsi Lampung itu juga sebagai urat nadi lintas perekonomian di pulau Sumatera. Namun selang dua bulan dari rehabilitasi, kini kondisinya menghawatirkan.

Ada lubang besar ukuran satu kali satu meter menganga tepat di tengah badan jembatan tersebut. Posisi jembatan Way Umpu  ada pada jalan Negara. Jadi apabila tidak segera ditangani oleh pihak terkait terutama dari pihak provinsi Lampung atau Menteri Pekerjaan Umum, maka tinggal menghitung hari saja tak ayal jembatan tersebut akan putus dan akan berdampak lebih serius.

Seorang tokoh masyarakat yang tinggal di sekitar jembatan, Rijal, mengatakan bahwa kondisi jembatan ini sudah mengkhawatirkan, padahal badan jalan jembatan baru diperbaiki sekitar dua bulan sebelumnya.

“Namun diduga buruknya kualitas material perbaikan dan kendaraan yang lewat di sini mayoritas melebihi kapasitas tonase dari badan jalan jembatan tersebut, terutama dump truk bermuatan batubara yang tonasenya mencapai tiga puluhan ton, menjadi pemicu melebarnya lubang badan jalan di atas jembatan  ini,” katanya.

mengantisipasi  terjadinya kecelakaan  yang tidak diinginkan di atas jembatan Way Umpu, Kepolisian Resort Way Kanan melalui satuan Polisi Lalulintas terus mengadakan penjagaan di sekitar jembatan mengatur kendaraan dengan sistim buka-tutup jalan yang melintasi jembatan tersebut.

Sementara itu, sekretaris Dinas Binamarga provinsi Lampung, Roni Witono mewakili Kadis Binamarga provinsi Lampung, Budi Gunawan, mengatakan bahwa selama tahun 2015, Binamarga provinsi Lampung tidak ada proyek pembangunan atau pekerjaan rehab Jembatan Way Umpu. (HR)