Tri Winarno: TNI Juga Tertib Administrasi

26 Januari 2016 - 08:29:57 | 3915 | TNI POLRI MEMBANGUN

 

DL/26012016/Palembang

---- Pemeriksaan administrasi pengelolaan anggaran di tubuh TNI sangat penting dilakukan, mengingat tertib administrasi menjadi kewajiban seluruh institusi Negara dalam mempertanggungjawabkan anggaran yang dikelolanya.

Ini dingkapkan Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno, saat menerima tim review laporan keuangan Itjenad yang dipimpin Kolonel Cpi Sigid Wijaksono di makorem 044/Gapo, Jumat (22/1).

Tri Winarno menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan sangat penting untuk meningkatkan  transparansi  dan  akuntabilitas  kinerja organisasi, khususnya tertib administrasi dalam pengelolaan anggaran.

Tujuan dari Review ini adalah untuk membantu terselenggaranya akuntansi penyajian laporan keuangan dan memperoleh laporan keuangan yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan ini, apabila ditemukan kelemahan dalam penyelenggaraan akuntansi atau kesalahan dalam penyajian laporan keuangan, maka dilakukan perbaikan atau koreksi atas kesalahan tersebut.

“Saya berharap, Review laporan keuangan dari Itjenad di tempat kita ini dapat memberikan masukan yang berharga atas hasil laporan keuangan bagi peningkatan akuntabilitas kinerja dan pengelolaan anggaran Korem 044/Gapo pada Tahun  Anggaran 2016.” Kata Danrem. 

Sementara itu, Kolonel Cpi Sigid Wijaksono, menjelaskan bahwa laporan keuangan disusun dengan mempedomani Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor Per 55/PB/2012 tanggal 27 Desember 2012 tentang Pandoman Penyususnan Laporan Keuangan Kementrian/Lembaga yang telah ditindaklanjuti di lingkungan TNI AD dengan Peraturan Kasad Nomor Perkasad/54/X/2013 tanggal 16 Oktober 2013 Naskah Sementara Bujuknis tentang Penyusunan Laporan Keuangan di lingkungan TNI AD.

Dalam kesempatan ini Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno, didampingi Kasrem Letkol Inf Imanulhak serta sejumlah Staf dan Balak di Makorem 044/Gapo. Sedangkan Rombongan Tim  Review laporan Keuangan Itjenad dipimpin Kolonel Cpi Sigid Wijaksono, bersama satu orang pendamping dari BPKP Letkol Cku Muharram Bele (Sektim), Letkol Cku Drs. Supriyadi, Letkol Cku Vencentius Agung (anggota), Letkol Cku M. Taufik (anggota)  dan Serma Sudargo (Operator). (R-01/rel)