Lampung Segera Siapkan PT Pariwisata

22 Januari 2016 - 23:43:35 | 1404 | PARIWISATA

 

DL/22012016/Branti


--- Provinsi Lampung kemungkinan akan segera memiliki sebuah intitusi pendidikan dalam tingkat perguruan tinggi. Dan ini sedang dalam perencanaan. Hal ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo dengan Direktur Bandung Institute Of Tourism yang  berlangsung di ruang VVIP Bandara Raden Inten II Branti, Kamis (21/1).

Terobosan tersebut disampaikan Tim Kajian STT Pariwisata Lampung yang diwakili Anang Sutono. Tim Kajian memaparkan perguruan tinggi untuk mewujudkan keunggulan SDM berkualitas dengan penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi.

“ Untuk meningkatan persaingan global  diperlukan SDM yang memiliki kompetensi dalam bidang pariwisata.  Dengan berdirinya lembaga tinggi kepariwisataan di Provinsi Lampung akan mendorong industri pariwisata yang ada. Untuk itu Tim merekomendasikan perlunya Sekolah Tinggi Pariwisata Negeri di Provinsi Lampung,” kata CHE Direktur Bandung Institute Of Tourism ini.

“Sekolah Tinggi Pariwisata Negeri diharapkan sebagai kontributor SDM pariwisata berkualitas untuk mendorong berkembangnya pariwisata sebagai sektor unggulan bagi Provinsi Lampung,” tambah Anang.

Gubernur M. Ridho Ficardo merespon positif hasil kajian dari tim. Untuk itu Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Bappeda diminta segera menyusun detail teknis serta kebutuhan dalam mewujudkan Sekolah Tinggi Pariwisata Lampung. “Karena dibutuhkan lebih kurang 20 Ha tanah, sebagai lahan bangunan,” ujar Gubernur.

Pembangunan Sekolah Tinggi  Pariwisata  diharapkan juga memperbaiki kondisi infrastruktur serta menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN. ”Karena jasa pariwisata adalah salah satu strategi dalam meningkatkan taraf hidup, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung, yakni guna mewujudkan masyarakat sejahtera, Provinsi kita lebih maju dan berkembang,” ujarnya.

Hadir dalam acara itu Staf Ahli Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Budiharto,  Kepala Bappeda Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Choiria Pandarita. (R-01/Sapto)