Yustin: Lasqi Sebagai Sarana Dakwah

21 Januari 2016 - 09:31:33 | 1724 | SENI & BUDAYA

 

DL/21012016/Lampung Timur

----- Ketua DPW Lembaga Seni Qosidah Indonesia (Lasqi) Lampung, Yustin Ridho Ficardo menegaskan

kehadiran Lasqi di daerah merupakan salah satu sarana untuk membina ukuwah Islamiyah, sekaligus untuk sarana dakwah melalui berbagai kesenian Islami.

Ini diungkapkan Yustin saat melakukan pelantikan dua kepengurusan Lasqi di kabupaten Lampung Timur dan Kota Metro, periode kepengurusan 2016-2021, Rabu (20/1).

Lebih lanjut Yustin juga mengingatkan kepada para pengurus DPD Lasqi di daerah untuk mampu memberikan peran yang aktif terutama dalam pembinaan generasi muda dalam kancah berkesenian

Islami.

Seperti diketahui bahwa Lasqi mempunyai kewajiban dalam pembinaan dan pengembangan seni budaya music Islami seperti Qasidah, Hadrah, Marhaban, Marawis, Nasyd Akapela, Sholawat, Zikir, Ngarak dan Gambus, yang selama sudah tumbuh di tengah masyarakat Indonesia, terutama di Lampung.

“Lasqi memiliki tujuan membangun dan memperkokoh Ukuwah Islamiah, mengembangkan aktivitas dan produktivitas seni musik Islami Indonesia di daerah. Membantu peran Pemerintah dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia yang berahlaq mulia,” ungkap Yustin.

Pelantikan DPD Lampung Timur dilakukan sekaligus pengukuhan untuk pengurus DPC (Kecamatan dan Desa) se-Kabupaten Lampung Timur.

Periode ini terpilih sebagai Ketua DPD Lasqi Kabupaten Lampung Timur Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Timur Rinawati Tauhidi, Ketua Harian yakni Ketua Darma Wanita Lampung Timur, Sekretaris Umum Iwan Nurdaya dan Bendahara Umum Senen Mustakim.

Yustin Ridho Ficardo yang didampingi Asisten Bidang Kesra Ellya Muchtar, juga meninjau kantor bersama GOW, Darma Wanita dan PKK Kabupaten Lampung Timur. Bunda Paud Provinsi Lampung ini juga melihat kerajinan khas Lampung dan meninjau kebun karya PKK Lampung Timur.

Selanjutnya, Yustin juga melantik DPD Lasqi Kota Metro di Aula Islamic Center Kota Metro. Pengurus Yustin Ridho Ficardo disambut oleh PJ. Walikota Metro Ahmad Chrisna Putra dan Forkopimda Kota Metro.

Ketua Umum DPD Lasqi Kota Metro yakni Hj. Dharlinda Suri Damiri Chrisna,  Ketua Harian Dra. Hj. Elva Magdalena Ishak, Sekretaris Umum  Astuti Ningsih dan Bendahara Mesyriyatinah.

Diinformaikan bahwa dalam Rapimnas Lasqi di Kendari Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu Provinsi Lampung dipercaya menjadi tuan rumah Festival Qasidah Tingkat Nasional Ke XXI. “Ini adalah, bentuk penghargaan kepada kita. Diperlukan dukungan dari pemerintah daerah, Lasqi Kabupaten/Kota, dan pihak swasta, agar acara tersebut terselenggara dengan sukses,” kata Yustin.

Sebelum melaksanakan Festival Qosidah Tingkat Nasional, DPW Lasqi akan menyelenggarakan Festival Qosidah dan Marhaban serta Vocalis tingkat Provinsi Lampung pada April 2016. Ini adalah agenda tahun kedua, setelah pertama kalinya dilaksanakan pada 22-23 Oktober 2015. (R-01/Citra)