Disosnakertrans Akan Panggil Manajemen PTPN Wabe

07 Januari 2016 - 11:13:10 | 1196 | BERITA DAERAH


DL/07012015/PESAWARAN

----- Puluhan karyawan Outsourcing (OS) dan harian lepas (HL) PTPN VII unit usaha Way Berulu (Wabe) kecamatan Gedong tataan kabupaten Pesawaran kembali ngeluruk ke dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (Disosnakertrans) kabupaten setempat untuk mengadukan nasibnya, Rabu siang (6/1).

Ini kali kedua, setelah sebelumnya tahun 2015 mereka pernah mengadukan nasib ke kantor Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten Pesawaran.

“Kami sudah dijanjikan oleh PTPN VII unit usaha Way Berulu untuk diangkat menjadi karyawan tetap PTP tahun 2015 lalu, namun sampai saat ini janji itu tidak terbukti, dan kami masih tetap sebagai karyawan harian lepas. Maka dari itu, kami mengadu kepada Disosnakertrans untuk menindaklanjuti hal ini, dan meminta PTPN untuk merealisasikan janjinya,” kata Fabian, kordinator karyawan OS dan HL.

Menurutnya, PTPN VII Wayberulu sudah mengingkari janjinya terhadap pihak karyawan, bahkan kepada pihak Disosnakertrans dan komisi II DPRD Pesawaran.

“Karena mereka sudah berjanji dan tidak melaksanakanya. Hal ini sudah melecehkan Disosnakertrans dan Komisi II, atas janjinya dalam musyawarah yang pernah dilakukan sebelumnya,” katanya.

Sedangkan menurut kepala Disosnakertrans Pesawaran yang menerima langsung pengaduan karyawan OS dan HL PTPN VII Way Berulu  ini menuturkan. Pihaknya akan segera memanggil pihak PTPN 7 Way Berulu, untuk menanyakan hal tersebut.

“Kalo memang ada unsur kesengajaan, berarti pihak PTPN Wabe sudah melecehkan Pemkab Pesawaran. Karena dalam musyawarah yang digelar beberapa waktu lalu, mereka sudah berjanji dan akan mengangkat 47 karyawan ini sebagai karyawan tetap. Namun hal tersebut tidak dilakukan, dan hal ini sama saja sudah mengingkari janji, dan melecehkan kami sebagai dinas yang mewakili pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini,” terang Tri Prawoto, saat menerima pengaduan tersebut dikantor dinas setempat.

Tri menambahkan, dengan hasil musyawarah beberapa waktu lalu, seharusnya hal ini sudah jelas dan tidak ada kendala sama sekali. Artinya, dengan kejadian ini, pihak PTPN  memang sudah tidak ada niatan untuk menyelkesaikan masalah ini.

“Pastinya kita akan panggil pihak PTPN 7 Wabe untuk menjelaskan hal ini dan mengetahui apa permasalahannya. Bahkan, kami juga akan memanggil pihak Kantor Direksi  PTPN 7 Lampung, untuk menyelesaikan masalah ini. Agar semua jelas, dan karyawan tau masalahnya apa.” Ungkapnya. (Her)