Arak-Arakan Peringatan Maulid Nabi Kegiatan Rutin

30 Desember 2015 - 18:41:57 | 5805 | BERITA DAERAH


DL/30122015/Pesawaran

----- Menanamkan jiwa yang penuh dengan persatuan dan kesatuan pada diri pemuda itu tidak mudah dan tak sesederhana yang difikirkan. Namun juga bisa dikatakan tidak begitu sulit, jika semuanya dilakukan dalam situasi dan kondisi yang tepat.

Seperti yang dilakukan oleh pemuda dan pemudi di desa Pasar Minggu Gedongtataan Kabupaten Pesawaran ini. Di sini setiap tahun, dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW selalu diadakan arak-arakan semacam karnaval yang diikuti baik anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Arak-arakan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H tahun 2015 kali ini dilakukan melewati Jalan Raya Ahmad Yani Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, ke Museum Transmigrasi. Ini memang sempat membuat macet kendaraan yang melintas dari arah Bandar Lampung menuju Kabupaten Pringsewu maupun sebaliknya, pada Rabu (30/12).

Menurut Hendra, salah satu panitia karnaval menjelaskan bahwa tujuan diadakannya arak-arakan karnaval dengan berkeliling ini, selain untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW, juga sebagai syiar untuk menjaga kesatuan dan persatuan serta mengajak warga khususnya pemuda pemudi dalam menjaga akhlaqnya.

“Intinya kita membangun kedekatan anak-anak dan pemuda dengan Nabi Besar Muhammad SAW dan ingin memeriahkan hari lahir beliau dengan kegiatan positif," ungkapnya.

Menurut warga setempat, kegiatan arak-arakan ini adalah kegiatan rutin warga dusun Pasar minggu. “Kegiatan ini rutin setiap tahunnya oleh kami warga dusun Pasar Minggu. Kami senang dan bangga dengan acara ini. Ini juga melibatkan warga-warga sekitar yang ingin ikut berpartisipasi meramaikan arak-arakan ini," ujarnya. (heri)