Buron 7 Tahun, Ditangkap Di Rumah Orang Tua

04 Oktober 2013 - 09:38:51 | 1782 | BERITA DAERAH

DL/03102013/Metro Kibang.

Sepandai-pandai tupai melompat, sesekali pasti akan jatuh juga. Dan ini terjadi pada seorang buronan Polsek Metro Kibang, Lampung Timur. Alip (28), tersangka pencurian dengan kekerasan (curas) yang sempat kabur selama tujuh tahun akhirnya tertangkap juga.

Alip, satu dari 4 pelaku curas yang pada tahun 2007 menyatroni sebuah rumah milik bidan Herniawati (Neni) di dusun IV desa Kibang, kecamatan Metro Kibang, Lampung Timur.

Tertangkapna Alip dari informasi warga yang melihat buronan itu pulang ke rumah orang tuanya di desa Tempuran 12A Trimurjo, Lampung Tengah.

Kapolsek Metro Kibang, Iptu. Ade Dharmawan, memimpin penyergapan di rumah orang tua Alip, Rabu (25/9) bersama 8 anggotanya. ”Kami langsung mengepung rumah tersangka sekitar pukul 14.30 wib dan berhasil meringkusnya tanpa perlawanan.

Kepada detiklampung.com, Ade Dharmawan menjelaskan,  Alip yang memang sudah menjadi target operasi polisi, dalam melakukan aksinya bersama 3 rekannya. Dua diantaranya sudah ditangkap di wilayah hukum Lampung Tengah beberapa tahun yang lalu.

“Untuk yang satu orang lagi kawan tersangka sedang dalam pengejaran dan nama pelaku sudah kami kantongi,“ jelasnya.

Dari rumah bidan Heni, para tersangka menggasak uang tunai Rp.5,4 juta dan sebuah cincin emas seberat 2 gram,  modusnya berpura-pura mengantar makanan rantang ke rumah korbannya. Dan ketika diketahui rumah sepi, dan hanya ada pembantu rumah tangga Heni saja, maka rencana mereka berjalan.

Setelah memperdayai pembantu, para tersangka leluasa menggasak uang tunai dan barang lainnya. ”Alip juga sebagai pelaku penjambretan di wilayah Kota Metro.

Di depan penyidik Alip mengakui seluruh perbuatannya. Dan oleh karenanya dijerat dengan pasal 365 KUH Pidana dengan ancaman hukuan 9 tahun penjara. (r-07)