Suoh Royo-royo Kembalikan Hutan Hijau

23 Desember 2015 - 07:00:53 | 1404 | BERITA DAERAH

 

DL/23122015/Suoh


----- Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F. PDIP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil, mendukung penuh Program Menuju Suoh Royo royo (Mesir) yang dicanangkan oleh masyrakat Kecamatan Suoh dalam mengembalikan fungsi hutan. Hal ini disampaikan politisi asal PDI-P itu dalam tablig akbar MWC Nahdatul Ulama di Pekon Bandar Agung, Kecamatan setempat, Selasa (22/12).

Meskipun, sebenarnya program ini telah lama ada dan dijalankan oleh masyarakat Kecamatan Suoh sendiri, tetapi belum ada sambutan dari pemerintah setempat, sehingga dalam menjalankan program penyelamatan hutan ini berjalan dengan lambat.

Parosil mengatakan, pihaknya mendukung upaya reboisasi yang akan dan telah dilakukan oleh masyarakat Suoh dalam menghijaukan kembali daerah yang berbatasan langsung dengan Hutan Lindung (HL) dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

“Program Mesir merupakan terobosan jitu yang cukup apik diterapkan di daerah ini, merupakan bukti nyata kepudulian masyrakat Suoh terhadap lingkungan sekitar. Dan itu akan berdampak cukup positif bagi masyrakat khusus nya yang ada di daerah Suoh, Saya intruksikan seluruh kader dan simpatisan PDIP yang ada di Suoh untuk berpartisipasi membantu masyrakat mensukseskan program Mesir ini,” ungkapnya.

Sementara ketua panitia Tablig Akbar MWC Nahdatul Ulama Kecamatan Suoh, Arif, mengatakan bahwa pihaknya sengaja mengambil tema bangkit bersatu untuk maju menuju Mesir. Pasalnya, saat ini banyak bagian hutan mengalami kerusakan pasca terjadinya kemarau panjang beberapa waktu lalu. “Kita ingin mengembalikan Suoh yang hijau dan asri seperti sebelumnya. Maka kita galakkan program Mesir ini,” ungkap Arif.

Arif berharap, dengan program tersebut dapat menyadarkan masyarakat terhadap fungsi hutan dan hutan di Souh hijau kembali pasca bencana kebakaran belum lama ini. 

Sebagai bukti pihaknya telah melakukan penanaman pohon di sejumlah lokasi dan program tersebut terus digulirkan ke beberapa daerah yang dilanda kebakaran hutan. “Kami mohon agar pemerintah dapat berpartisipasi untuk mendukung program kami ini,” harap Arif. (Lemy/Jalal)