Ridho: Target Pendidikan Adalah Moral dan Budi Pekerti

18 Desember 2015 - 20:09:11 | 976 | BERITA DAERAH

 

DL/18122015/Tulangbawang

 

---- Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengaskan bahwa target pendidikan yang seharus ditekankan adalah soal moral dan budi pekerti anak didiknya. Jadi bukan sekedar memperhatikan nilai dan tingkat kelulusannya saja.

Demikian diungkapkan Ridho dalam sambutannya pada Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI tahun ke-70 tahun 2016 di Gedung Musyawarah Mufakat Kabupaten Tulang Bawang,  Rabu (17/12). 

“Jadi bukan sekedar meluluskan anak didik saja, tetapi juga bagaimana mempersiapkan anak didik agar pandai dan memiliki moral serta budi pekerti yang baik. Sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, tangguh, berkarakter, berdaya saing, bermoral dan berakhlak mulia, mampu menghadapi tantangan global dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi," tambahnya.

Gubernur mengungkapkan komitmen pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan sektor pendidikan. Termasuk didalamnya pembenahan manajemen sistem pendidikan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru, penambahan honorarium guru honorer serta penyiapan anggaran pendidikan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih lanjut Gubernur menghimbau agar lembaga pendidikan termasuk guru dan dosen sebagai penyelenggara pendidikan dan sekolah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

Gubernur juga mengatakan, PGRI merupakan mitra Pemerintah, sehingga diperlukan koordinasi dan sinergitas berkelanjutan dalam rangka memajukan pendidikan di Provinsi Lampung.

Pada kesempatan ini Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mendapatkan penghargaan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Lampung atas kepeduliannya terhadap Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Provinsi Lampung. 

Namun Gubernur juga memberikan penghargaan kepada guru berprestasi tingkat Nasional yang diberikan kepada Siti Ramziah sebagai Juara I Tingkat Nasional Guru SMA Berdedikasi di daerah khusus dan kepada Siti Wilani sebagai Juara III Tingkat Nasional Pengawas Sekolah Dasar Berprestasi tahun 2015.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam sambutan Bupati Tulang Bawang Barat mengungkapkan, Pemerintah Daerah Tulang Bawang telah berhasil meningkatkan partisipasi dasar pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Kabupaten Tulang Bawang. Sebelumnya pada Tahun 2012 partisipasi dasar pendidikan dasar berjumlah 80,6 persen dan kini naik menjadi 90,03 persen. Sedangkan partisipasi dasar pendidikan menengah dari 40 persen menjadi 55 persen.

"Peningkatan ini dengan mendirikan beberapa unit sekolah baru diantaranya beberapa sekolah dasar yang dibantu Pemerintah Australia dan unit sekolah baru untuk tingkat sekolah menengah," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama ketua umum PGRI Provinsi Lampung Wayan Satria Jaya menjelaskan, PGRI terus konsisten dalam mempertahankan jati diri sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia serta jati diri untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan guru.

"Untuk hal itu guru di seluruh Provinsi Lampung harus bekerja sama dan bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka mempertahankan jati dirinya serta meningkatkan pendidikan di Provinsi Lampung," jelasnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam acara ini Gubernur turut memberikan bantuan kesejahteraan guru honorer murni jenjang TK, SD dan SMP. (R-01/fer)