Utten Simbolon: Ancaman Sudah Di Depan Mata

10 Desember 2015 - 09:47:07 | 1140 | TNI POLRI MEMBANGUN

 

DL/10122015/Pangkalinang

----- Dandim 0413 Bangka Letkol Inf Utten Simbolon memberikan motivasi kepada para petani di persawahan Nibung kecamatan Puding Besar, Bangka, menjelang tanam perdana di lokasi tersebut, Selasa (8/12).

Simbolon menegaskan bahwa ancama kesulitan pangan terus merangsek sehingga memerlukan kewaspadaan. “ Ancaman sudah di depan mata bapak ibu sekalian, yaitu krisis makanan dan krisis air. Semakin ke depan kita akan sulit mencari makan, oleh sebab itu siapkan diri bersama-sama untuk menyiapkan makanan mulai sekarang.” Katanya.

Simbolon juga ikut turun kesawah dalam rangka tanam perdana itu  dan rela berlumpur-lumpur bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Koordinator PPL, Kapolsek dan  para Babinsa serta masyarakat desa yang tumpah ruah menanam padi bersama-sama

Lebih lanjut Dandim juga berpesan bahwa kegiatan menanam padi bersama-sama ini juga mengandung maksud untuk memberikan pelajaran kepada anak dan cucu. “Sehingga apabila kelak dia sudah dewasa mampu untuk meneruskan profesi orang tuanya nanti.” Pesan Dandim.

Diketahui bahwa masyarakat Bangka ini hampir 70 persen bahan pokok makanan masih didatangkan dari luar pulau Bangka. Ini mengakibatkan kerawanan bahan pokok makanan, bisa terjadi karena cuaca extrim atau gagal panen dari sumber pemasok makanan tersebut. “Mari kita dukung swasembada pangan di Kepulauan Bangka ini sesuai program nasional yang telah dicanangkan.” ujar Dandim.

Sehari sebelumnya, Simbolon juga menegaskan bahwa di era sekarang ini, sawah merupakan medan tempur bagi prajurit Kodim 0413 Bangka.

Selain tanam padi di lokasi Nibung Kecamatan Puding besar ini, juga dilaksanakan di berbagai wilayah diantaranya di wilayah Kabupaten Bangka Selatan tepatnya di Desa Air Kelubi Kecamatan Lepong seluas 1 Hektar (Ha) dan di Desa Rias kecamatan Toboali seluas 400 Ha.

Wilayah kabupaten Bangka tanam serentak kali ini berada di tiga titik diantaranya di Desa Nibung Kecamatan Puding Besar seluas 1 Ha, di dDesa Pangkal Niur Kecamatan Riau Silip 1Ha dan di Desa Penagan  Kecamatan Mendo Barat juga seluas 1 Ha yang ditanam serentak ini, lebih lanjut secara berangsur-angsur akan ditanam semua.

Di wilayah Kabupaten Bangka Barat terdapat di daerah Desa Burbuar Kecamatan Jebus seluas 5 Ha areal yang akan ditanam secara serentak ini. Padi yang ditanam pada musim ini berjenis Ciliwung karena cocok dengan tanah yang berada di kepulauan Bangka ini.

Bangka memiliki keunikan tersendiri dalam hal tanah, sehingga para petani sawah harus betul-betul didampingi oleh BPTP, PPL maupun para Babinsa dalam mengelola, memelihara sampai dengan panen.

Tanah di kepulauan Bangka ini lain dengan tanah yang ada di pulau Jawa maupun Sumatera lainnya. Tanah di Bangka memiliki kandungan pirit (racun) kalau waktu mengelolah /membajak terlalu dalam maka pirit akan keangkat kepermukaan, sehingga tanaman padi akan menguning diakibatkan racun yang ditimbulkannya. (R-01/RH)