Kasdam Ii/Swj : Pemimpin Tak Boleh Cuek

10 Desember 2015 - 09:26:43 | 243 | TNI POLRI MEMBANGUN

 

DL/10122015/Palembang

---- Perwira, sebagai Pemimpin harus selalu peduli dengan anak buahnya, peduli dengan perkembangan lingkungannya dan peduli dengan tugas-tugas yang harus diemban dan menjadi tanggung jawabnya. Sebagai pemimpin, seorang Perwira tidak boleh cuek, apatis dan tidak mau tahu kondisi lingkungannya.

Demikian disampaikan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak dalam pengarahan kepada seluruh Perwira Menegah (Pamen) Kodam II/Swj pada kegiatan apel pagi, Rabu (9/12) di halaman depan Makodam II/Swj Palembang.

Apel pagi rutin setiap hari Rabu, yang dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj ini diikuti oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Asisten Kodam, Kabalak dan seluruh Pamen di lingkungan Makodam II/Swj.

Menurut Komaruddin Simanjuntak, perwira harus mampu menunjukkan kompetensi, kapasitas dan kualitas yang dimilikinya serta mampu memberikan tampilan yang terbaik. “Seorang pemimpin adalah cermin dan panutan bagi anak buahnya. Oleh sebab itu, pemimpin harus mampu memberikan contoh teladan dan menjadi contoh yang baik bagi anggota yang dipimpinnya. Memberi dan menjadi contoh, adalah jauh lebih mujarab dan efektif dari pada hanya sekedar memerintah,” ujarnya.

Perwira tidak boleh tampil asal-asalan, atau sekedarnya. Sebagai pemimpin, Perwira harus selalu tampil maksimal dan selalu memberikan yang terbaik. Karena, apa yang ditunjukkan pemimpin, menjadi cermin bagi anak buahnya.

Selain itu perwira harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, menguasai secara mendalam bidang tugasnya serta terus meningkatkan kualitas kemampuan dirinya. (R-01/rel)