Bahaya, Kucing Pembawa Penyakit Toksoplamosis

07 Desember 2015 - 22:40:48 | 2727 | KESEHATAN

 

DL/07122015/Kota Metro

---- Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke 16, Dharmawanita Persatuan menggelar seminar pengenalan penyakit Toksoplamosis di gedung Nuwo Budayo, yang dibuka langsung oleh Sekertaris daerah Kota Metro, Ishak, Senin (07/12).

Dalam laporannya, Ketua panitia penyelenggara menyebutkan bahwa seminar ini masuk dalam agenda atau program kerja Dharma Wanita 2015. Selain itu, sekaligus mengenalkan penyakit Toksoplamosis kepada masyarakat.

Ishak dalam kesempatan ini mengatakan, bahwa pengenalan penyakit seperti Toksoplamosis perlu dikenalkan sejak dini, agar dapat ditangani segera apabila seseorang terinfeksi penyakit tersebut.

Penyakit Toksoplamosis ditularkan oleh hewan peliharaan, kucing. Manusia yang terjangkit penyakit ini biasanya melakukan kontak langsung dengan kucing atau kotoran kucing yang menempel dan tidak segera dibersihkan.

“ Tanpa kita sadari biasanya kita melakukan kontak langsung dengan kucing. Tidak hanya itu, makanan kita yang sudah terkontaminasi oleh kucing atau kotoran kucing dapat juga menularkan penyakit tersebut ke Manusia,” ungkapnya.

Penyakit ini sangat berdampak terutama wanita yang terinfeksi Toksoplamosis akan sangat sulit untuk bisa hamil. Terlebih bagi wanita yang sedang hamil akan berakibat fatal. Karena, wanita hamil yang terkontaminasi dapat mengalami keguguran. (Igun)