TNI Gelar Pasukan Untuk Komitmen Amankan Pilkada

06 Desember 2015 - 09:12:16 | 1809 | TNI POLRI MEMBANGUN

 

DL/06122015/Palembang

------ Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di seluruh Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) pada 9 Desember 2015 mendatang, Kodam II/Swj melaksanakan apel gelar pasukan, Selasa (1/12), bertempat di lapangan Garuda Sriwijaya Km. 9 Tanjung Api-api Palembang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mkson, ketika memimpin apel gelar pasukan tersebut mengatakan bahwa upacara gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan  dalam rangka mendukung tugas pengamanan Pilkada yang tinggal beberapa hari lagi, untuk mengetahui tingkat kesiapan baik perorangan maupun satuan serta alat perlengkapan atau Alutsista yang digunakan, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dapat digerakkan dengan cepat sesuai kebutuhan.

Di samping itu, sambung Pangdam, gelar pasukan ini merupakan salah satu bentuk komitmen TNI/Polri dan Pemda beserta segenap komponen masyarakat lainnya dalam mengawal jalannya demokrasi, yang sekaligus  juga  ingin menyampaikan pesan  bahwa anggota TNI, Polri dan Pemda di wilayah Provinsi Sumatera Selatan siap mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada serentak tahun 2015 ini secara aman dan lancar.

 “Pengamanan pemilihan kepala daerah ini melibatkan berbagai kesatuan, baik Kepolisian, TNI dan Aparat Pemerintah Sipil. Oleh sebab itu, kepada seluruh peserta apel gelar pasukan, harus memahami bahwa kerjasama, sinergitas dan  koordinasi  harus  dilakukan secara terus menerus, mulai pada level pimpinan sampai dengan prajurit  di lapangan,” ujar Pangdam.

Keberadaan TNI dalam membantu tugas pengamanan Pilkada adalah dibawah kendali Polri, seperti yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) antara  Polri dan TNI tentang perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, yang paling utama bagi anggota TNI adalah bersikap dan bertindak netral.

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh pasukan gabungan TNI AD yang terdiri dari, Pomdam II/Swj 1 SST, Rai Arhanudri 41/BS 1 SST, Yonif 200/Raider 3 SSK, Yonkav 5 Serbu 2 SSK, Yon Armed 15/76 Tarik  1 SSK, Yon Zipur 2/SG 1 SSK dan Satuan Komando Kewilayahan ((Satkowil) 1 SSK, dan dihadiri Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Wakapolda Sumsel Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Sumsel, Para Asisten Kasdam II/Swj dan Para Dan/Ka Balakdam II/Swj.

Sementara itu hal yang sama dilakukan Korem 042/Gapu. Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu Kolonel Inf. Makmur Umar memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak di lapangan Makorem 042/Gapu. Apel gelar pasukan ini diikuti seluruh Dan/Kasatbalak dan prajurit TNI jajaran Korem 042/Gapu.

Tujuannya, untuk menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit TNI mengamankan Pilkada di Provinsi Jambi, 9 Desember mendatang. “Tujuan apel ini untuk mengecek kesiapan proses, sarana prasara jajaran Korem dan sebelum diterjunkan diharapkan perencanaan dipersiapkan agar berjalan optimal dalam mensukseskan Pilkada serentak 2015,” katanya.

Lebih lanjut, Danrem juga menyampaikan, amanat Pangdam II/Swj dalam amanat tertulisnya menyampaikan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 ini, disamping sebagai sebuah siklus lima tahunan juga menjadi momentum penting untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin kepala daerah yang legitimate sehingga akan membawa kemajuan bagi daerah.

Oleh sebab itu, penyelenggaraan pesta demokrasi ini harus berjalan aman, lancar, sukses dan berhasil. Setelah acara selesai dilanjutkan silaturahmi Danrem 042/Gapu bersama media Provinsi Jambi. (R-01/Rel)