Kasdam II/SWJ: Perwira Harus Jadi Penggerak Satuan

18 November 2015 - 23:42:31 | 985 | TNI POLRI MEMBANGUN

 

DL/19112015/Palembang

----- Perwira adalah pemimpin. Sebagai pemimpin, Perwira harus menjadi motor penggerak satuan, harus mampu mendinamisasikan satuan yang dipimpinnya. Perwira harus menjadi pemimpin yang menebarkan pikiran positif dan semangat yang menginspirasi pengikutnya.

Demikian disampaikan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komarudin Simanjuntak ketika memberikan arahan kepada seluruh Perwira Menegah (Pamen) Kodam II/Swj bertempat di halaman depan Makodam II/Swj, Palembang, belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakan Kasdam II/Swj bahwa Perwira harus menjadi cermin bagi anggota bawahannya, yang mampu mewarnai anggota dan satuan yang dipimpinnya. Untuk itu, sikap dan perilaku pemimpin harus mampu menjadi contoh dan suri tauladan bagi anak buahnya

 “Beri warna, nilai dan energi yang positif bagi satuan, sehingga  kehadiran Perwira mampu membuat dan menjadikan satuan lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi,” tandas Komarudin Simanjuntak.

Perwira, menurut Kasdam II/Swj adalah terhormat, sehingga seorang Perwira harus mampu menjaga kehormatan dirinya dengan tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang dapat menodai kehormatan seorang perwira. Perwira harus menjunjung tinggi kehormatannya.

Ditambahkan oleh Kasdam II/Swj bahwa seorang Perwira tidak boleh berpikir dan bertindak bersifat rutinitas dan menggampangkan permasalahan. Seorang Perwira harus mampu melakukan kreasi, inovasi dan perubahan dengan menampilkan yang terbaik, menuju kearah yang lebih baik.

 “Semua kegiatan, acara, upacara atau apapun jenisnya tidak boleh dianggap rutin dan biasa, namun semuanya harus direncanakan, disiapkan dan dilatihkan dengan baik. Jangan balak kosong”, imbuh Kasdam.

Selain itu, Kasdam juga menekankan agar setiap Perwira memiliki wawasan yang luas, dengan terus membekali dirinya, dan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi untuk mendukung keberhasilan tugasnya. “Perwira harus berilmu, tidak merasa cukup dengan kemampuan yang dimiliki, dengan terus belajar dan berlatih, agar mampu mengemban dan menghadapi tugas yang penuh tantangan dan dinamika.” tandasnya.

Masih menurut Komarudin Simanjuntak, bahwa tidak ada seorang perwira yang hebat, karena kehebatan Perwira terletak pada kekompakan dan kebersamaan. Sesama perwira harus bersatu, saling sharing informasi, berbagi ilmu dan saling memberitahu. (rel)