Jajuli : Penguatan Sistem Demokrasi 4 Pilar Kebangsaan

10 November 2015 - 18:22:44 | 878 | PARLEMENTARIA

 

DL/10112015/Bandar Lampung

----- Indonesia patut bersyukur dengan iklim demokrasi yang baik dan dinamis yang diterapkan di kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

Melalui sistem demokrasi yang baik ini, besar harapan pendiri bangsa kita agar Indonesia menjadi negara dan bangsa yang besar akan tercapai. Oleh karena itu, dibutuhkan semua elemen bangsa untuk mewujudkannya.

Hal tersebut dikemukakan oleh Senator DPD RI, Ahmad Jajuli, Anggota DPD/MPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Lampung dalam kegiatan Seminar Nasional MPR RI yang mengangkat tema “Penguatan Sistem Demokrasi Dengan Penguatan Empat Pilar Kebangsaan”. Bekerjasama dengan Lembaga Tunas Muda Berprestasi Lampung, di Bandar Lampung, Sabtu (24/10).

Di hadapan peserta seminar yang terdiri dari masyarakat, mahasiswa dan juga elemen organisasi masyarakat, Ahmad Jajuli juga menjelaskan pentingnya saat ini seluruh elemen masyarakat menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang seesuai dengan tuntunan empat pilar kebangsaan, yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, dan turut serta menjaga nilai-nilai perjuangan bangsa.

Sementara, H. Hery Novpriansyah, akademisi dari Universitas Lampung, menyatakan bahwa masyarakat secara umum saat ini sudah mulai meninggalkan nilai-nilai kebangsaan yang luhur, di tandai dengan makin tidak pedulinya generasi muda pada kehidupan demokrasi bangsa.

Namun, ia juga menambahkan bahwa dengan konsep yang ada dalam empat pilar kebangsaan, harapan bangsa terhadap generasi muda masih tetap tinggi.

Di akhir acara, masyarakat mengganggap positif kegiatan seminar tersebut, dan berharap agar kegiatan tersebut dapat terus ditingkatkan kualitasnya dan menjangkau masyarakat dari berbagai macam kalangan. (R y a n)