Tingkatkan Kepekaan Bantu Kesulitan Rakyat

03 November 2015 - 17:59:53 | 1093 | TNI POLRI MEMBANGUN

 

DL/03112015/Bengkulu

--- Prajurit TNI di jajaran Korem 041/Gamas disamping harus makin meningkatkan kinerja sesuai tugas tanggung jawab masing-masing, juga harus mendukung dan membantu sepenuhnya pelaksanaan pembangunan di wilayah tugasnya.

Hal tersebut akan tercapai jika seluruh prajurit terus meningkatkan disiplin dan profesionalismenya, serta terus berusaha menjadi contoh bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. “Terus tingkatkan kepedulian serta selalu siap membantu kesulitan rakyat, serta makin mendekatkan diri dan makin mencintai rakyat,” demikian disampaikan Danrem 041/Gamas, Kolonel Inf Fajar Budiman pada acara Jam Komandan kepada 153 Prajurit TNI dan PNS Kodim 0407/BKL di Aula Makodim 0407/Bengkulu (2/11).   

Lebih lanjut Danrem mengatakan, prajurit yang tugas di satuan teritorial dibutuhkan kedewasaan masing-masing dalam bertugas, apalagi seorang Babinsa yang memiliki desa binaan yang keberadaannya jauh dari pengawasan unsur pimpinan, harus memiliki jiwa kepemimpinan dan kedewasaan dalam bertugas serta mengerti dan faham akan tugas-tugasnya.

Danrem berharap seorang Babinsa harus memiliki kepekaan terhadap lingkungannya, khususnya dalam mengatasi kesulitan masyarakat, dengan cara menggelorakan kembali semangat gotong-royong yang menjadi karakter bangsa Indonesia. Karena dengan semangat gotong-royong  kesulitan-kesulitan yang ada dapat cepat teratasi dan tercipta kemanunggalan TNI – Rakyat dalam membantu kesulitan rakyat.

“Laksanakan silaturahmi dengan masyarakat desa binaanya setiap saat, dengan demikian kita akan mengerti tentang situasi dan kondisi desa binaannya serta tingkatkan kepekaan dan deteksi dini setiap kejadian menonjol dan kesulitan masyarakat, sehingga keberadaan seorang Babinsa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tandasnya.

Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan Pemilukada serentak 9 Desember 2015 di Provinsi Bengkulu, Danrem menegaskan setiap Prajurit harus menjaga netralitas TNI dengan tidak memihak satu pasangan calon (paslon) yang ikut dalam Pemilukada.

Karena Undang-Undang telah mengatur dengan tegas  bahwa TNI tidak memiliki hak pilih, namun bagi isteri dan keluarga silahkan menggunakan hak pilih yang telah diberikan oleh negara, jangan disia-siakan hak pilihnya.

Pada acara Jam Komandan tersebut hadir Komandan Kodim 0407/Bkl Letkol Czi M. Said, Kasdim Mayor Inf Fatkhul Zuhdi, Danramil dan Perwira Staf Jajaran Kodim 0407/Bkl. (R-02/Ril)