Komisi III DPR RI Serahkan DIM RUU KUHP Ke Pemerintah

28 Oktober 2015 - 18:13:04 | 775 | PARLEMENTARIA

 

DL/28102015/JAKARTA

---- Rapat Kerja pertama antara Komisi III DPR RI dengan Menteri Hukum dan HAM dengan agenda Penyerahan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) Rancangan Undang-undang (RUU) KUHP. Penyerahan dilakukan langsung Ketua Komisi III DPR RI, Azis Syamsuddin kepada Menteri Hukum dan HAM  (Menhumkam) dalam Rapat Kerja di Gedung DPR RI Komplek Parlemen Senayan Jakarta,  Senin (26/10).

DIM tersebut selanjutnya akan dibahas bersama-sama antara Komisi III dengan MenkumHAM, adapun, jumlah DIM yang telah diinventarisir ada 2. 394 yang  terbagi dalam beberapa hal. Diantaranya DIM tentang subtansi terdiri dari 847 DIM,  tentang substansi baru ada 88 DIM. DIM  yang berkaitan dengan  meminta penjelasan ada 221, DIM tentang redaksional ada 73,dan DIM yang bersifat catatan ada 62 DIM.

Sedangkan, DIM yang telah dinyatakan tetap sama dengan usulan-usulan pemerintah ada 1.103 DIM. Berdasarkan hal tersebut Komisi III DPR RI diminta persetujuan khususnya terhadap DIM yang bersifat tetap berjumlah 1.103 DIM.

"Karena sifatnya tetap, maka kita setujui dalam Raker ini apabila dalam hal yang berkaitan dengan masalah-masalah DIM yang bersangkutan dengan subtansi baru, redaksional, dan catatan-catatan dapat dibuka pada saat Raker," tutur Politisi Partai Golkar ini.

Pada malam harinya Komisi III DPR RI menugaskan Panitia Kerja (Panja) untuk melakukan pembahasan dengan MenkumHAM.  Selanjutnya untuk tingkat Pimpinan membahas hasil rapat Panja dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis pada pukul 19.30 sampai dengan 22.30 . Ditambahkan Azis, pembahasan di tingkat Panja bersifat subtansi baru dan meminta penjelasan redaksional dan catatan. RUU ini diharapkan dapat diselesaikan pada waktu sesingkat-singkatnya yaitu pada bulan Februari atau Maret 2016 mendatang. (R y a n)