Warga Margototo Dikejutkan Kebakaran Lahan

26 Oktober 2015 - 14:26:50 | 2376 | BERITA DAERAH

 

DL/26102015/Lampung Timur

---- Warga dusun tiga Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur, dikejutkan dengan kobaran si jago merah yang tiba-tiba membakar semak belukar di belakang perkampungan mereka. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (23/10) sekitar pukul 14.00 wib .

Kondisi semak-semak yang kering karena kemarau, serta banyaknya rumpun bambu ditambah tiupan angin yang sangat kencang membuat api mudah membesar dan melahap semua yang dilalui. Sontak kejadian itu membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk memadamkan api. Pasalnya lokasi kebakaran semak-semak sangat berdekatan dengan pemukiman warga.

Beruntung kejadian itu tidak sampai menelan korban jiwa maupun harta benda. Api dapat dikendalikan setelah warga beramai-ramai menyekat kobaran api dengan menyingkirkan ranting dan daun-daun kering dari kobaran api yang semakin mendekati pemukiman warga.

Kepala dusun III Desa Margototo, Sugiat mengungkapkan bahwa kebakaran lahan ini baru diketahui warga usai sholat Jumat. Warga tidak tau persis dari mana asal api.

“Kami tidak tau sumber api dari mana, tahu-tahu api sudah membesar membakar semak-semak yang kondisinya kering karena kemarau,” ungkap Sugiat.

Dikatakan Sugiat, lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 10 Ha, api sulit dipadamkan karena warga kesulitan mendapatkan air karena kondisi kemarau yang berkepanjangan. Namun demikian, warga tidak kekurangan akal, secara bergotong royong warga menyekat penyebaran api dengan cara menyingkirkan daun-daun dan ranting kering dari jangkuan api.

“Nyala api di sungai tidak dapat kami padamkan, karena lokasi sungai berada di tengah-tengah belukar dan di sana banyak sekali tumpukan daun-daun dan ranting karena kondisi sungai yang mengering sehingga nyala api cukup besar,” tandasnya. (Igun)