Nining : NasDem Konsisten Pada Pemberantasan Korupsi

20 Oktober 2015 - 08:56:36 | 1755 | PARLEMENTARIA

 

DL/20102015/JAKARTA

----- Politikus Partai NasDem, Patrice Rio Capella, usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, langsung menanggalkan seluruh jabatan politiknya mulai dari Sekretaris Jenderal Partai NasDem dan anggota Fraksi Partai NasDem di DPR RI.

KPK menetapkan Patrice Rio Capella sebagai tersangka karena diduga menerima suap terkait penanganan perkara Bansos di Kejati Sumatera Utara.  

"Saya selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Partai NasDem didampingi oleh Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI, Syarif Abdullah Alkadrie, telah diterima oleh Pimpinan DPR RI dalam rangka saya menyampaikan secara formal Surat Pengunduran Diri Patrice Rio Capella, khususnya yang terkait status beliau sebagai Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, agar surat tersebut nanti ditindaklanjuti tentunya, sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku," ujar Plt Sekjen Partai NasDem, Nining Indra Saleh di Gedung DPR RI Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (19/10).

Mantan Sekjen DPR RI ini menambahkan bahwa, pada tahap pertama kita menyampaikan dulu Surat Pengunduran dirinya, sesuai dengan Pasal 240 UU No.17 Tahun 2014 tentang MD3.

Dan, tahap berikutnya nanti, sesuai juga dengan permintaan dari Pimpinan DPR RI, agar proses Pergantian Antar Waktu (PAW) ini nanti segera dapat di proses oleh Pimpinan DPR RI kepada Presiden.

"Maka, tentunya ada persiapan kelengkapan administrasi yang jarus dilengkapi, dan, nanti tentunya segera DPP Partai NasDem menyiapkan ini semua," tuturnya.

Dan, apabila nanti kelengkapan administrasinya sudah lengkap, kami akan kembali akan menyerahkan surat kepada Pimpinan DPR RI beserta nama yang diusulkan dari DPP Partai NasDem untuk penggantinya. Walaupun nanti penyampaian ini melalui klarifikasi terlebih dahulu oleh Pimpinan DPR RI dan KPU Pusat.

Sementara, langkah ke depan Partai NasDem terkait dengan pemeberantasan korupsi. "Ya, saya kira Partai NasDem akan tetap konsisten dengan langkah-langkah dalam kaitannya dengan pemberantasan korupsi di Indonesia," tegasnya.

Ia menjelaskan, konsistensi dari Partai NasDem sudah terlihat, ketika ada kadernya yang tidak sesuai dengan semangat yang dijunjung oleh Partai NasDem, lalu mengambil langkah-langkah pengunduran dirinya.

Hal ini merupakan komitmen Partai NasDem kepada kader-kader sebagai pembelajaran politik bagi Anggota Partai NasDem, agar ke depan amanat dari Partai untuk memberantas korupsi ini menjadi perhatian dan perjuangan bagi segenap Partai NasDem. (R y a n)