Biasakan Mencuci Tangan Dengan Sabun

15 Oktober 2015 - 12:11:05 | 1620 | KESEHATAN

 

DL/15102015/Bandarlampung

---- Peringatan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia tingkat provinsi Lamoung yang dibuka Yustin Ridho Ficardo, di Museum Lampung Kamis siang (15/10) memberikan pesan moral agar masyarakat memberikan respon positif atas ajakan untuk hidup sehat dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Heri Sulianto, Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia yang diperingati pada 15 Oktober ini, sebelumnya dilakukan Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus 2008 di Stockholm.

Hal ini seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari mencuci tangan dengan sabun sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya.

“Sejak tahun 2008, setiap tanggal 15 Oktober ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) dan diperingati untuk menyerukan kepada masyarakat dunia perlunya meningkatkan praktek higiene dan sanitasi.”Kata Mas Heri panggilan akrabnya.

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisiten Bidang Kesra mengajak kepada masyarakat Lampung untuk bergaya hidup sehat termasuk cuci tangan selama 20 hari kedepan dan menjadikan kebiasaan hidup sehari hari.

Gubernur juga mengapreasi gagasan Ketua TP PKK yang telah menggagas Bioskop Sanak Lampung. Pada acara launcing Bioskop Sanak Lampung. Disuguhkan film anak Lampung hasil karya Pelangi Anak Indonesia.

Judul film yang pertama adalah Keisha Ingin Belajar Menari dibintangi oleh Keisha TK Tunas Mekar Indonesia. Keisha ini juga anak bungsu Sekdaprov Lampung, Arinal Djunaidi.

Dan Judul film anak yang kedua Ayo Menabung yang diperankan oleh Andrea Ratu Sofia Ricardo anak M.Ridho Ficardo Gubernur Lampung. (IP/SS)