TNI Terus Giatkan Jambanisasi Di Bangka

27 September 2015 - 01:30:53 | 1140 | TNI POLRI MEMBANGUN

DL/27092015/Bangka Tengah

---- Program jambanisasi yang dilaksanakan oleh Korem 045/Garuda Jaya Bangka terus bergulir.  Dari target 1.787 unit, saat ini sudah terpasang 1.083 unit di wilayah kerja Korem 045.

Salah satunya, yang secara simbolis diserahkan kepada Amroni (45) warga kelurahan Sungaiselan, kecamatan Sungaiselan Bangka Tengah. Danrem 045/Gaya Kolonel Inf Murlim Mariadi menyerahkan langsung kepada masyarakat.

Saat itu penyerahan juga disaksikan Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman dan Dandim 0413/Bangka Letkol Inf Utten Simbolon. Sekaligus menyaksikan proses pemasangannya.

Danrem mengimbau masyarakat setempat untuk melakukan pola hidup sehat dengan membiasakan diri buang air besar pada tempat yang sudah disediakan, dan tidak di sembarang tempat.

“Mari kita stop buang air besar (BAB) sembarangan. Karena BAB sembarangan  mengganggu kesehatan.  Mari kita hilangkan budaya BAB sembarangan agar wilayah kita sehat.” Ujar Danrem.

Lebih lanjut, Murlim Mariadi mengajak bekerja bersama-sama untuk membuat jamban di wilayah ini secara gotong royong, saling bantu satu dengan yang lainnya. “Ini bisa tercapai kalau ada keinginan dari kita bersama, ada komitmen dari kita bersama,” tambahnya.

Kolonel Murlim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu TNI dalam mensukseskan program jambanisasi yang merupakan program dari komando atas.

Sementara itu Amroni mengatakan bersyukur ada program ini, sehingga kini rumahnya memiliki jamban yang standar dari bantuan TNI. “Terima kasih, kini kami mempunyai jamban, sehingga memudahkan keluarga kami menuju hidup bersih dan sehat,” tuturnya. (R-02/ril)