Panwaslu Lamteng Antisipasi Exoduse Pemilih

21 September 2015 - 17:27:21 | 297 | BERITA DAERAH

DL/21092015/Terbanggi

---- Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Lampung Tengah, Putu Suwaryana, mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam pemilihan umum, salah satunya dengan cara eksodus, karena merupakan salah satu cara licik yang digunakan untuk memenangkan pemilihan kepala disatu daerah, dengan mendatangkan penduduk baru dari luar wilayah, maka untuk mengantisipasi terjadinya eksodus tersebut, panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) Lampung Tengah memperketat pengawasan khususnya di daerah perbatasan, Senin (21/9).

Daerah perbatasan yang dianggap sangat rentan yakni, Way Pangubuan, Kecamatan Selagai Lingga, Bandar Mataram, Kalirejo, Terbanggi Besar Dan Terusan Nyunyai.

Identifikasi wilayah rawan pendatang baru berdasarkan jadwal pemilihan kepala daerah, kecamatan Selagai Lingga merupakan perbatasan dengan Kota Agung Dan Pringsewu, kedua wilayah tersebut tidak menggelar pemilihan serentak.

“Demikian halnya dengan Kecamatan Bandar Mataram dengan Tulang Bawang, Kalirejo dengan Pringsewu, Terbanggi Besar dan Way Pangubuhan, beberapa kabupaten tersebut terindentifikasi rawan eksodus, karena tidak melakukan pemilihan serentak seperti yang dijadwalkan,” kata Putu Suwaryana.

Putu menambahkan di kabupaten berjuluk beguwai jejamo wawai itu terdapat tiga wilayah yang berbatasan dengan kabupaten lain, wilayah perbatasan disinyalir menjadi daerah yang rentan dimanfaatkan untuk berlaku curang dengan cara exsodus pemilih.

Untuk mengantisipasi adanya exsodus pemilih, Putu menerangkan akan lebih memeperketat daftar pemilih tetap (DPT), dalam arti DPT ini harus benar-benar valid. Selain itu Putu juga mengajak pemerintahan desa atau kelurahan yang masuk di daerah perbatasan agar bisa bersinergi dengan penyelenggara melakukan pengawasan, “Dan untuk itu Kades atau Lurah daerah perbatasan kita minta, harus lebih jeli tentang penempatan orang-orang baru.” Ujarnya. (Rosit)