Andi Desak Pemerintah Minta Hasil Investigasi Arab

15 September 2015 - 10:21:29 | 891 | PARLEMENTARIA

DL/15092015/Jakarta

--- Senator DPD RI, Dr. H. Andi Surya, terkait robohnya crane di Masjidil Haram yang menewaskan 107 jemah haji dari berbagai negara Islam, masih mengkhawatirkan ada belasan Crane yang sama masih terpancang di Masjidilharam yang sewaktu - waktu bisa juga roboh seperti musibah ini.

“Saya menduga ada kekeliruan teknis dalam struktur pancang crane. Jika kekeliruan itu hanya pada satu crane yang tumbang ini barangkali tidak soal karena sudah terjadi, namun, jika semua Crane itu ada kekeliruan struktur pancang yang sama, maka ratusan ribu jemaah haji terancam jiwanya saat ini,” tutur Senator DPD RI Perwakilan Provinsi Lampung, di Gedung DPD RI Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (11/9).

Ia menambahkan, oleh karenanya ia meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk mempertanyakan dan menekan Pemerintah Arab Saudi melakukan investigasi terhadap kasus robohnya Crane ini, serta melakukan audit teknis terhadap Crane yang masih berdiri di Masjidil Haram.

"Jangan sampai kejadian sama terulang kembali akibat angin dan badai ini. Kondisi dan posisi Crane ini masih dalam posisi mengancam keselamatan jiwa jamaah. Yang diperlukan adalah tindakan pengamanan aparat Arab Saudi untuk memeriksa kondisi Crane yang masih tegak berdiri di sekeliling Masjidil Haram," Urainya dalam kesempatan dialog di kantor DPD RI Senayan Jakarta. (Ryan)