Indonesia Harus Punya Pesawat Khusus Pemadaman Api

15 September 2015 - 09:49:20 | 459 | PARLEMENTARIA

DL/15092015/Jakarta

---- Anggota Komisi I DPR RI, Darizal Basir mengapresiasi langkah TNI untuk mendukung upaya pemadaman kebakaran hutan yang sudah memasuki kondisi darurat. Ia juga meminta agar Pemerintah lebih optimal dalam mengkoordinasikan segenap sumber daya agar 1.187 titik api -- sesuai data Badan Nasional Penanggulangan Bencana terbaru, dapat diredam.

"Ya kita apresiasi, ini keadaan darurat, boleh saja prajurit TNI membantu mengatasi kebakaran hutan karena prajurit harus selalu tampil di depan saat rakyat memerlukan, dan meminta Pemerintah juga mengerahkan sejumlah alat berat dan dukungan teknologi. Kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap ini sudah mencapai negara tetangga, pada akhirnya dapat mempengaruhi citra bangsa. " katanya saat di Jakarta, Jumat (11/9).

"Kiriman kabut asap sampai ke negara tetangga ini terus berulang dan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Sudah saatnya pemerintah mempertimbangkan peralatan pemadam api yang lebih baik, termasuk membeli pesawat terbang khusus," tegasnya.

Melihat luasnya hutan di Indonesia sangat pantas apabila Pemerintah memiliki perangkat canggih dan lengkap. “Menghitung kerugian dan biaya yang dihadapi negara untuk mengatasi kebakaran hutan sampai saat ini sudah jauh lebih besar,” tukasnya.

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini menunggu aksi nyata aparat penegak hukum untuk menangkap pelaku pembakar hutan. "Harus dihukum berat agar jera, selama ini kita belum mendengar pelaku termasuk, perusahaan pembakar hutan dihukum berat. Hukum jangan tajam ke bawah tumpul ke atas," imbuhnya. (Ryan)