Wagub: Masyarakat Gunakan Peluang Bagus Ini

10 September 2015 - 13:30:23 | 1539 | BERITA DAERAH

DL/10092015/Pesawaran

Wakil Gubernur Bachtiar Basri meminta Satuan Kerja Provinsi/Kabupaten mendukung dan menindaklanjuti program pelayanan Laku Pandai BRI . Apalagi program ini memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat desa untuk bertransaksi. Meskipun jauh dari kota, warga desa dapat memanfaatkan jasa perbankan tanpa harus pergi ke kantor cabang terdekat.

“Pelayanan Laku Pandai ini harus disosialisasikan supaya masyarakat memahaminya. Masyarakat Pesawaran juga hendaknya dapat memanfaatkan peluang yang bagus ini. Mereka bisa memanfaatkan layanan perbankan ini meskipun jauh dari Kantor Cabang, “ kata Wakil Gubernur ketika Launching layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Bank Rakyat Indonesia,  di lapangan PTPN VII Desa Way Lima Kecamatan Cipadang, Pesawaran, Kamis (10/9).

Acara dihadiri pula Bupati Pesawaran Aries Sandi Dharmaputra, Wakil Ketua Komisioner OJK Rahmat Waluyanto, Direktur Kepatuhan BRI Susy Lestiowaty, Pemimpin Kantor Wilayah BRI Bandar Lampung Osbal Saragi dan lainnya.

Bupati Pesawaran Aris Sandi Dharmaputra dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakaan BRI. Diketahui BRI ini telah banyak memberikan manfaat serta kemudahan kepada masyarakat untuk bertransaksi, khususnya di Kabupaten Pesawaran.
Sementara itu Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto mengatakan Lampung harus menjadi Provinsi yang maju tidak hanya di bidang pendidikan dan kebudayaan. Tetapi juga harus maju di sektor ekonomi utamanya di sektor jasa dan keuangan.

“Hal ini mengharuskan masyarakat untuk beraktivitas di sektor ekonomi melalui jasa bank. Jika masyarakat sudah dapat memanfaatkan jasa bank maka roda ekonomi akan berputar,” ujar  Rahmat Waluyanto.

Direktur Kepatuhan BRI Susy Lestiowaty menjelaskan, Bank BRI telah melaksanakan ketentuan POJK Nomor 19/POJK.03/2014 tentang layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif  (Laku pandai), inovasi keuangan inklusif nirkantor.

Sebagai inovasi layanan kepada masyarakat tentang implementasi laku pandai, maka bank BRI telah menambah layanan tabunganku BSA (Basic Saving Account) dan kredit mikro di agen BRI Link. Peluncuran sebelumnya telah dilaksanakan di wilayah Jayapura pada 27 Maret 2015. Dan di wilayah padang panjang pada 9 Juni 2015.

BRI Link adalah layanan keagenan BRI di mana BRI bekerjasama dengan pihak ketiga (agen) dalam melayani berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI maupun non-nasabah BRI, khususnya masyarakat yang belum terlayani oleh bank secara administratif (unbanked atau unbankable).

Sebagai bentuk kepedulian Bank BRI, Osbal Saragi selaku pimpinan wilayah BRI Lampung menyerahkan reward CSR kepada masyarakat Cipadang Pesawaran berupa paket sembako sebanyak 500  paket. Secara simbolis paket diserahkan kepada Kepala Desa Cipadang Sunarmin. Sedangkan Untuk perbaikan mushola di daerah Cipadang Way Lima diserahkan kepada pengurus masjid Al-Munawaroh Nurjaman.

Sementara itu Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria menambahkan, Bank BRI telah memiliki 1018 agen BRI Link dengan total transaksi selama tahun 2015 sebesar 790.556 dan total volume yang mencapai Rp2,10 triliun. Ujar Budi. (Smj)