Babinsa Kodim 0419/Tanjab Ikuti Diklat Pajale

07 September 2015 - 14:55:32 | 1085 | TNI POLRI MEMBANGUN

DL/07092015/Kuala Tungkal

---- Kodim 0419/Tanjab mengirimkan Babinsa 40 orang untuk mengikuti Diklat teknis budidaya padi, jagung dan kedelai di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) KM 16 Desa Pondok meja kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatan tersebut dibagi dalam beberapa angkatan yakni Angkatan I s/d III berlangsung 3 hingga 9 September 2015, sedangkan Angkatan IV sampai VI akan berlangsung 11 hingga 17 September 2015.

Pengiriman Babinsa jajaran Kodim pada Diklat teknis budidaya Padi, Jagung dan Kedele ini merupakan salah satu konstribusi Kodim 0419/Tanjab dalam membantu Pemerintah meningkatkan ketersediaan pangan dan meningkatkan ketersediaan produksi pangan Nasional.

“Khususnya Padi, duntuk mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan Ketahanan Nasional serta memberikan pemahaman dan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan komoditi Padi yang berbasis teknologi modern,” ungkap Dandim 0419/Tanjab Letnan Kolonel Inf Aqsha Erlangga.

Diklat ini dimaksudkan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan para peserta di bidang produksi pertanian, yang diarahkan sebagai Kader Ketahanan Pangan di wilayah tugas binaan masing-masing.

Diklat ini difokuskan kepada materi penanaman Padi, Jagung dan Kedelai dan tentunya diharapkan mampu cara mengolah lahan pertanian dan cara menanam yang benar dari mulai tabur bibit, penyemaian, perawatan sampai dengan cara penangan hama dan memanen.

Dandim berpesan kepada para Babinsa peserta Diklat agar ilmu yang didapatkan nanti tidak didiamkan saja, tetapi dipraktekkan dan disebar-luaskan dengan ikhlas kepada masyarakat binaan yang membutuhkan.

Tidak kalah pentingnya agar para Babinsa dapat menerima dengan tangan terbuka segala kekurangan dan kesulitan yang dihadapi didalam mensukseskan program swasembada pangan. (R-02/Ril)