Korem 044/Gapo Kerahkan Personel Tanggulangi Bencana Asap

30 Agustus 2015 - 02:35:42 | 216 | TNI POLRI MEMBANGUN

DL/30082015/Palembang

Korem 044/Gapo selaku Subsatgas Darat penanggulangan bencana asap akibat kebakaran lahan dan hutan kerahkan 390 personel Korem 044/Gapo beserta Kodim jajaran menanggulangi kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah Sumsel khususnya yang menjadi sumber titik api di wilayah MUBA, Banyuasin, Ogan ilir, Ogan Komering ilir, Muara Enim, Prabumulih.

Dalam rapat koordinasi, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno yang diwakili Kasi Teritorial Korem 044/Gapo Mayor Inf Dedi Sugiri melakukan dengan dinas dan intansi yang dipimpin oleh Sekda Provinsi Sumsel,  dan dihadiri pula Kepala BPBD provinsi Sumsel, Danlanud Palembang, Reskrim Polda Sumsel, BPBD Sumsel, para Kepala dinas provinsi Sumsel, BMKG dan kru helikopter, di kantor BPBD provinsi Sumsel, Kamis (27/8).

Dalam rapat tersebut Kasi Teritorial Korem 044/Gapo mensinyalir bahwa kebakaran lahan dan hutan terjadi akibat ulah manusia yang sengaja membuka dan membersihkan lahan kebun dengan cara membakar dikarenakan lebih cepat dan ekonomis.

Sementara Sekda provinsi menyampaikan situasi darurat penanggulangan asap agar segera meminta bantuan Korem 044/Gapo dan Polda Sumsel untuk segera menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Untuk hotspot yang terjadi di lahan masyarakat merupakan tanggungjawab Bupati, Camat, Lurah dibantu perangkat wilayahnya dalam melaksanakan operasi penanggulangan kebakaran.

Sedangkan untuk lahan besar milik perusahaan agar diinformasikan melalui surat untuk turut menjaga dan memadamkan api termasuk institusi penegakkan hukum.

Adanya piket malam yang melibatkan Camat, Kades dibantu Kepolisian dan Babinsa. Begitu pula perusahaan besar seperti PUSRI dan PT. Pertamina dihimbau untuk membantu dengan mengerahkan alat dan kendaraan pemadam api untuk membantu  memadamkan api yang ada di lahan gambut itu. (R-02/Ril)