Lampura Siapkan Kawasan Tanpa Rokok

26 Agustus 2015 - 17:43:37 | 1085 | KESEHATAN

DL/26082015/Kotabumi

---- Bagi para pecinta rokok yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Utara, tampaknya dalam waktu dekat ini harus bersiap-siap untuk tidak menghembuskan asap rokoknya di sembarang tempat. Pasalnya, pihak Dinas Kesehatan Lampura saat ini sedang melakukan pengusulan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di wilayah ini. 

Dalam ketentuan peraturan tersebut setiap perokok tidak diperbolehkan merokok di beberapa tempat yang telah ditentukan. Sebab, diketahui asap rokok yang disebar sembarangan dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Kabid P2PL, Neli Kusriyanti, mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Lampura, Prasetio Heri Hermawan, menjelaskan bahwa pengusulan tentang Perbup KTR tersebut saat ini telah diajukan kepada Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara dan saat ini tinggal menunggu persetujuan.

Menurut Neli, usulan tentang Perbup KTR tersebut kemungkinan akan segera disahkan. Mengingat kebutuhan akan peraturan hal itu  guna meminimalisir bahaya rokok yang dinilai sangat membahayakan kesehatan, baik untuk perokok aktif ataupun pasif. "Mudah-mudahan tahun ini Perbup itu sudah disahkan," terangnya.

Selain itu Neli juga menjelaskan, usulan Perbup KTR yang dilakukan oleh pihaknya disebabkan semakin membudayanya para perokok, menikmati rokoknya di sembarang tempat. Sementara segala dampak buruk yang ditimbulkan sangat jelas.

Sementara itu  KTR yang ditentukan, mulai dari fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, fasilitas olahraga, tempat kerja, dan tempat umum seperti hotel, restoran, rumah makan, jasa boga, terminal, pasar, pusat perbelanjaan, minimarket, supermarket, departemen store, hypermart, Mall plaza, Pertokoan, tempat wisata, stasiun, sarana olahraga, taman kota, dan serta berbagai tempat umum lainnya. "Utamanya peraturan yang kita buat ini akan kita berlakukan untuk setiap jajaran Pemerintan di Lampung utara" Ujarnya (Rd-011)