YPGL Cover Obat Yang Tak Ditanggung BPJS

26 Agustus 2015 - 17:10:40 | 1156 | KESEHATAN

DL/26082015/Bandarlampung

Masyarakat Lampung yang dirujuk untuk berobat di Rumah Sakit  Jakarta kini tidak perlu khawatir. Saat ini Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan Yayasan Peduli Generasi Lampung (YPGL) menyediakan rumah singgah untuk keluarga tidak mampu.  Rumah Singgah berada dibelakang RS Harapan Kita dan RS.  Kanker Dharmais.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Sumarju Saeni, bahwa Rumah Singgah memberikan bantuan akomodasi tempat tinggal sementara bagi pasien dan keluarga pasien. Kapasitas yang disediakan oleh rumah singgah masih sangat terbatas yaitu baru sebanyak 6 kamar tidur yang dapat dipergunakan masyarakat Lampung selama menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Jakarta.

Selain rumah singgah, YPGL juga melaksanakan berbagai program seperti  Advokasi.  Program ini melakukan pendampingan bagi pasien dari keluarga tidak mampu yang dirujuk ke rumah sakit luar daerah/provinsi. Seperti RSCM, RS. Dharmais, RS. Harapan Kita, RS. Fatmawati, RS. Gatot Subroto dan lainnya.

YPGL juga membantu mengcover obat-obatan dan alat kesehatan yang tidak ditanggung BPJS/Pemerintah. Selain itu juga menyediakan Ambulan gratis, memberikan pelayanan untuk antar jemput pasien baik dalam keadaan sakit dari Lampung – Jakarta dan sebaliknya yang tidak ditanggung BPJS.

“Bagi pasien yang memerlukan darah, Yayasan juga membantu mencarikan pendonor darah. Yayasan juga membantu masyarakat dengan memberikan wawasan/konsultasi seputar penyakit berbahaya,” tambah Sumarju.

Lebih lanjut disampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung mendukung program YPGL yaitu melalui pemberian bantuan (subsidi) permakanan dan biaya sewa Rumah Singgah. Ketua YPGL, Firman menginformasikan bahwa kegiatan Yayasan juga memberikan bantuan susu formula dan diapers bagi keluarga tidak mampu. Selain itu Yayasan juga mendukung dan membantu para korban bencana alam baik secara moril maupun materil.

Program lain yaitu  aksi peduli berupa penggalangan dana yang diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan donasi terutama kebutuhan yang bersifat urgen atau mendesak. “Sebulan sekali juga diadakan wisata pasien bagi anak-anak penderita kanker dan jantung. Biasanya setelah mereka menjalani kemoterapi dan operasi,”

Masih menurut Firman,  YPGL adalah sebuah Yayasan Non Profit dan merupakan wadah para relawan/volunteer yang terdiri dari masyarakat serta mahasiswa Lampung yang memiliki kepedulian terhadap keadaan sosial masyarakat yang termajinalkan dalam segi kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan karena faktor ekonomi. 

Yayasan Peduli Generasi Lampung memiliki tekad swadaya dan berbudaya partisipatif untuk sesama generasi muda. Informasi selengkapnya dapat menghubungi no.telp. (021) 5645722 atau HP. 081221857739. (R-02/Smj)