Arinal: Jangan Ada Penghapusan Budaya Lampung

26 Agustus 2015 - 09:27:01 | 1213 | SENI & BUDAYA

DL/26082015/Bandarlampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi menegaskan Budaya Lampung boleh dan harus berkembang, namun jangan meninggalkan filosofi yang sudah menjadi sebuah tradisi. "Jangan ada penghapusan akar budaya, dikembangkan boleh tetapi jangan melenceng dan mengurangi nilai-nilai budaya penuh kesakralan yang tumbuh di masyarakat," katanya.

Arinal Djunaidi menegaskan hal ini saat menerima audiensi peneliti dan budayawan Lampung Profesor Margareth Kartomi di ruang kerjanya, Selasa (25/08).

Arinal mengapresiasi atas peran serta  Margareth yang selama ini telah melakukan penelitian budaya Lampung yang nantinya hasil penelitian ini akan didokumentasikan dalam sebuah buku, ini merupakan kontribusi besar dalam upaya menginventarisir dan melestarikan budaya Lampung agar terus terjaga keberadaannya.

Provinsi Lampung sebagai daerah yang mempunyai kemajemukan dalam internal budayanya. “Buku tentang budaya Lampung dapat menceritakan dan menggambarkan budaya Lampung secara utuh dan menyeluruh,” ujarnya.

Prof. Margareth menjelaskan saat ini pihaknya telah mempersiapkan buku budaya Lampung yang berisi tentang Tarian, Musik dan Drama Lampung. Buku ini merupakan hasil dari observasi yang juga bagian dari penelitian yang dia gagas bersama suaminya semenjak tahun delapan puluhan.

Dikatakan pula oleh Margareth bahwa pada 2016 mendatang akan ada 6 peneliti budaya yang berasal dari Australia yang akan secara mendalam meneliti kebudayaan di Provinsi Lampung. Kegiatan penelitian ini merupakan dedikasi pihaknya dengan tetap terus membantu dalam menjaga nilai-nilai luhur yang  terkandung dalam Adat Istiadat Budaya Lampung.

Sekda berpesan kiranya buku tersebut dapat diterbitkan ke dalam dua jenis, pertama dapat dibuat seperti ensiklopedia budaya Lampung, kedua berupa buku pelajaran yang diperuntukkan bagi anak usia sekolah. (R-02/Smj)