Itet: Anak-anak Jangan Dibiasakan Disingkirkan

02 Agustus 2015 - 00:32:44 | 1532 | BERITA DAERAH

DL/01082015/Seputih Agung

Anggota Komisi 8 DPR RI, Itet Tridjajati Soemarijanto, kembali melakukan kegiatan sosialisasi 4 Pilar dalam rangka reses, di desa Dono Arum, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah, Sabtu (1/8).

Kali ini Itet menggandeng Dalang muda Gunawan Wibisono Gadingrejo, Pringsewu, yang malam ini membawakan lakon Setyaki Prasetyo / Catur Prasetyo, uang sedikit banyak akan memberikan contoh tentang 4 Pilar Kebangsaan.

Itet dalam sambutannya menegaskan bahwa malam ini ia ingin memenuhi janjinya kepada masyarakat konstituennya yang meminta untuk menggelar wayang kulit. “Maka saya hanya ingin membuktikan bahwa saya tetap memegang komitmen untuk turun ke lapangan. Saat ini saya membuktikan bahwa saya ingin terus mendengarkan apa suara rakyat secara langsung.” Katanya.

Iter memaparkan inti dari 4 Pilar Kebangsaan di tengah-tengah ratusan masyarakat yang memadati lapangan sepakbola Dono Arum. “Malam ini bukan kampanye ya bapak-ibu, ini sosialisasi yang menjadi kewajiban saya. Sebagai wakil rakyat saya harus menyampaikan setiap program pemerintah kepada masyarakatnya, apa yang kami kerjakan di Komisi 8 DPR RI kepada masyarakat,” Tambahnya.

Itet sedikit mengulas tentang perlunya mengajarkan kepada anak-anak tentang kearifan lokal, seperti kesenian wayang kulit yang digelar malam ini, akan menjadi contoh untuk anak-anak mengenal budaya Indonesia.

Anak-anak tidak boleh dikesampingkan dalam setiap acara yang dia ikuti. Maka dari itu Itet meminta panitia untuk menyediakan tempat khusus untuk anak-anak. “Ini yang saya inginkan. Meskipun anak-anak ini tampak heboh mondar-mandir dalam acara ini, tetapi harus kita akomodir juga dan diberikan tempat di depan agar bisa menonton lebih leluasa. Ini bentuk pendidikan yang baik kepada anak-anak kita. Jadi jangan dimarahi, tetapi tempatkan pada posisi yang baik,” Ujar Itet.

Terus Bekerja

Sebagai anggota dewan, Itet mengimbau kepada masyarakat, jika kedatangan anggota DPR atau DPRD sebagai wakil rakyatnya dalam sebuah reses, maka harus berani menyampaikan persoalan yang dihadapi masyarakat kepada para wakilnya itu.

Karena sebagai anggota DPR harus selalu bekerja dan bekerja untuk rakyat yang diwakilinya. Karena memang itulah tugas sebagai anggota DPR atau DPRD di daerah masing-masing.

“Maka saya mohon kepada pak dalang juga dapat menterjemahkan bagaimana empat Pilar itu diperlukan oleh masyarakat dalam versi pewayangan dalam jalinan cerita yang dibawakan mala mini,” ungkapnya.

Sebelum pementasan diserahkan wayang dari Iter tridjajati Soemarijanto kepada ki dalang Gunawan Wibisono. (tim)