H+2 Lebaran, Kemiling-Gedongtaaan 3 Jam

18 Juli 2015 - 23:48:22 | 1354 | BERITA DAERAH

DL/18072015/Gedungtatan

Hari kedua lebaran Idul Fitri 1436 H, Sabtu (18/7), ada situasi yang luar biasa di sepanjang jalan raya Bandarlampung - Pringsewu. Dimana jarak tempuh Kemiling - Gedungtataan yang hari biasa dapat ditempuh dalam 20 menit, kali ini bisa mencapai 2-3 jam.

Kemacetan yang luar biasa memanjang hingga lebih kurang 2o Kilometer, dari dan ke Kota Gedongtataan Pesawaran.

Penyebabnya adalah antrian kendaraan roda 4 dan roda dua yang mayoritas melakukan mudik lokal atau sekedar melakukan silaturahmi ke rumah keluarganya di kabupaten Pesawaran dan Pringsewu.

Pantauan detiklampung.com di lapangan, sejak pukul 10 pagi, kendaraan yang berasal dari arah Kota Bandarlampung menuju ke Pesawaran mulai tersendat sejak sampai di Kemiling. Seperti dikatakan Zulfiandi, asal Kalianda yang juga terjebak kemacetan itu.

Menurutnya kemacetan itu dimulai dari perbatasan Kemiling ke arah Gedongtataan. "Saya dari Kalianda ke Bandarlampung, sangat lancar dan normal. Tetapi mulai tersendat dan macet total saat memasuki daerah Kemiling. Untuk sampai ke Gedongtaan butuh waktu hampir 3 jam. Padahal biasanya hanya 20-an menit," keluhnya.

Saat itu memang volume kendaraan dari empat arah bertemu di simpang empat arah Kedondong, Branti, Pringsewu dan Bandarlampung, sehingga kapasitas jalan tidak bisa menampungna yang menyebabkan semua arus tersendat dari berbagai arah.

Petugas dari Kepolisian Sektor Gedongtataan harus bekerja ekstra keras untuk mengurai kemacetan ini. Situasinya terkendali setelah menjelang tengah hari. (Eri)