Aksi Solidaritas Jurnalis untuk Mesuji

13 September 2013 - 13:39:03 | 1917 | BERITA DAERAH

DL/13092013/Pringsewu.

Kejadian yang tidak menguntungkan para jurnalis kembali terjadi, yakni ketika para jurnalis di wilayah Mesuji meliput aksi yang dilakukan oleh warga register 45, mendapat ancaman atau intimidasi.

Kondisi ini membuat beberapa elemen di Pringsewu menggelar aksi solidaritas. Tidak kurang dari 50-an pengunjuk rasa yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan jurnalis menggelar aksi damai di tugu Bambu depan kantor bupati Pringsewu, baru-baru ini.

Menurut koordinator lapangan, Saefullah, aksi ini diperuntukkan bagi jurnalis Mesuji yang mendapat intimidasi warga register 45 Mesuji dalam aksi blokir jalan lintas Sumatera.

”Kami menolak berbagai aksi intimidasi terhadap insan pers oleh siapapun, karena pers juga bekerja untuk masyarakat. Kami sengaja membagikan bunga mawar dan selebaran kepada masyarakat, karena ini aksi damai dan imbauannya serius,” kata Saeffulah. 

Tugas Jurnalistik di Indonesia dilindungi UU no.40 tahun 1999 tentang Pers/Kemerdekaan Pers yang merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat.

Aksi ini dilakukan sore hari pukul 15.00 wib dan mampu menarik perhatian dan simpati masyarakat sekitar. (r-20)