Di Gedung Kesenian Itu Ada Terong Dan CD

09 Juli 2015 - 12:33:55 | 1728 | SENI & BUDAYA

DL/09072015/Bandarlampung

Gedung Kesenian Lampung, yang dibangun di kompleks PKOR Way Halim bandarlampung, sedianya untuk kegiatan seni dan budaya Lampung sejak dua tahun lalu, hingga kini belum juga dipergunakan, meski konon kabar secara fisik pembangunannya sudah selesai.

Gedung bernilai miliaran dan terlihat megah dari luarnya ini, sekarang sudah jadi “rumah hantu” hampir 80 persen  kacanya pecah dan pintunya rusak. Ada beberapa yang sudah dilepaskan dan siap diangkut oleh calon pencurinya.

Gedung ini seperti tak bertuan, karena belum ada seorangpun yang bertanggung jawab untuk menjaganya, sehingga kerusakan dari waktu ke waktu terus bertambah parah.

Yang mengerikan, ternyata gedung ini memang dihuni oleh “setan-setan” berkepala hitam. Mereka meninggalkan jejak di dalam beberapa ruangan kosong itu, seperti celana dalam (CD), Koran-koran bekas, kertas dan daun bekas bungkus nasi, botol minuman dan yang agak aneh di samping CD ada terong.

Jika siang hari hingga petang, di lokasi gedung ini biasanya dipergunakan untuk beberapa pasangan remaja atau dewasa bermesraan, dan bercengkerama, bahkan saat bulan Ramadhan ini pun tidak pernah sepi sebagai lokasi berduaan dua insan berlainan jenis.

Gedung ini akan sangat mubazir jika tidak segera difungsikan. Mengingat pengurus Dewan Kesenian Lampung yang sebelumnya meminta gedung ini dibangun, ternyata tidak mau menerima gedung ini karena tidak sesuai dengan standar yang mereka inginkan.

Kini, Dewan Kesenian Lampung sudah berpengurus baru, dengan ketua umum Ibu Gubernur Lampung. Harapannya kemungkinan tetap ada dua. Apakah gedung ini dibiarkan ambruk, dan DKL minta gedung baru, atau Gedung ini di renovasi dengan anggaran baru.

Dulu, beberapa personil pengurus DKL berpendapat bahwa seyogyanya memang gedung itu dilengkapi dulu dengan tata akustik yang memadai selain penataan lampu yang juga proporsional sebagai gedung pertujukan, atau panggung seni yang wajar untuk tingkat provinsi.

Kita tunggu saja. (R-01/adi/citra)

SAKSIKAN JUGA VoD NYA DI DETIKLAMPUNG