Lampung Akan Usulkan Dua KEK Zona Wisata

27 Juni 2015 - 12:20:17 | 216 | PARIWISATA

DL/27062015/Bandarlampung

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, Adeham, memimpin rapat pembahasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk Zona Pariwisata di Provinsi Lampung, Jumat sore (26/6).

Dalam pengantarnya Adeham mengatakan bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus, maka pemerintah daerah baik Kabupaten/ Kota maupun Provinsi berkewajiban mengusulkan paling banyak tiga daerah kawasan cakon KEK.

Masih menurut Adeham, selain Pariwisata dalam Kawasan Ekonomi Khusus juga terdapat Zona pengolahan Ekspor, Zona logistik, Industri, pengembangan teknologi, energi dan ekonomi lainya.

KEK sendiri nantinya akan dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi serta bergungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor dan kegiatan ekonomi lainnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Herlina Warganegara mengatakan bahwa pembentukan KEK ini diusulkan kepada Dewan Nasional di Jakarta. Lebih lanjut lokasi yang dapat diusulkan untuk menjadi KEK harus memenuhi kriteria antara lain:

(1) Sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),
(2) tidak berpotensi mengganggu kawasan lindung,
(3) pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang bersangkutan berkewajiban mendukung KEK,
(4) terletak pada posisi yang dekat dengan jalur perdagangan internasional atau dekat dengan jalur pelayaran internasional di Indonesia atau terletak pada wilayah potensi sumber daya unggulan,
(5) memiliki batas yang jelas.

Menanggapi pernyataan tersebut Kepala Balitbangnova, Mulyadi Irsan mengatakan bahwa perlu adanya kajian yang mendalam dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Berdasarkan pendapat dari peserta rapat dengan mempertimbangkan beberapa kriteria tersebut diatas, maka dua kawasan unggulan pariwisata  yang akan diajukan sebagai KEK Zona Pariwisata yaitu Kawasan Wisata Pesisir Barat dan Kawasan Wisata Anak Gunung Krakatau. (Smj)