Wagub: Pemprov Fokus Bangun Infrastruktur

25 Juni 2015 - 13:33:20 | 243 | BERITA DAERAH

DL/25062015/Kotaagung

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri hadiri acara buka puasa bersama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus semalam (24/06) di Rumah Dinas Bupati Tanggamus, Kota Agung.

Hadir mendampingi Wagub, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Pemerintah Provinsi Lampung Kherlani, Asisten Bidang Umum Hamartoni Ahadis, Kepala Badan PP dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung, Bupati Kabupaten Tanggamus Bambang Kurniawan dan Unsur Uspika Kabupaten Tanggamus serta para tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Lampung mengatakan bahwa bulan Ramadhan ini Pemerintah Provinsi Lampung telah mengagendakan kegiatan Safari Ramadhan sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya sebagai wahana untuk meningkatkan silaturahim, sumbang saran dan pemikiran, serta yang terpenting adalah untuk mendengar langsung keluhan masyarakat.

Selain itu juga kontrol pelaksanaan pembangunan secara langsung, serta mencari solusi yang tepat terhadap berbagai keluhan dan permasalahan masyarakat secara akurat, sehingga tercipta persamaan visi, misi dan persepsi untuk bersama-sama membangun Provinsi Lampung menjadi lebih baik.

Bachtiar Basri menjelaskan, saat ini yang menjadi fokus dan prioritas pembangunan di Provinsi Lampung, adalah infrastuktur jalan dan jembatan serta sektor pertanian dan perkebunan.

Wakil Gubernur menilai, sektor tersebut memiliki peranan penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Dapat kita lihat, hampir separuh jalan di Provinsi Lampung mengalami kerusakan tanpa terkecuali di Kabupaten Tanggamus. Saya memahami, dengan kerusakan jalan tersebut, tentunya akan berimbas dan berdampak negatif terhadap sektor-sektor lainnya, seperti pertanian, perkebunan, pariwisata dan lain-lain. “ katanya.

Untuk itu, kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus diminta agar tetap bersabar, karena Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya merespon berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, walaupun untuk membangun tersebut, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. “Tetapi saya optimis, dengan kerjasama, koordinasi, konsolidasi semua pihak, Insya Allah pembangunan Infrastruktur di Provinsi Lampung akan segera terwujud.” Tambahnya.

Begitu juga dengan sarana infrastruktur pendukung lainnya, seperti pembangunan jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar telah diresmikan ground-breakingnya Presiden RI. Peresmian dan pengoperasian pelayaran perdana Kapal Ro-Ro KMP Mutiara Persada III  (Rute Panjang Lampung-Tanjung Perak Surabaya).

Lalu peresmian Dermaga VI  dan peresmian 3 Kapal Motor Penyeberangan (KMP), yaitu KMP Sebuku, KMP Legundi dan KMP Batu Mandi) dari Pelabuhan Bakauheni – Merak. Yang tidak kalah penting pembukaan rute penerbangan oleh Garuda Indonesia dari Bandar Lampung – Palembang.
Oleh karena itu, dengan kemudahan infrastruktur yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Lampung dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, tanpa terkecuali masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Wakil Gubernur Lampung menambahkan bahwa pada tahun ini Kabupaten Tanggamus menerima Dana Desa sebesar Rp81.744.367.000 untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Kegiatan ini bersumber dari dana APBN dan ditujukan antara lain, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa serta penanggulangan kemiskinan. “Untuk itu, kepada Pemkab Tanggamus untuk memantau pelaksanaan program ini agar berjalan optimal dan tepat sasaran,” ungkap Wakil Gubernur Lampung. (R-01/Smj)