Sistem Resi Gudang Mampu Tahan Harga

30 Mei 2015 - 14:20:45 | 270 | BERITA DAERAH

DL/30052015/Bandarlampung

Acara Peresmian Gudang Sistim Resi Gudang, di Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus dibuka oleh Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan berlangsung Jumat (29/5), yang peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Provinsi Lampung, Arinal Junaidi.

Pada kesempatan itu hadir Inspektur Jendral Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Karyanto Suprih, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Adeham, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Bachtiar Basri dan segenap pejabat esellon dan staf dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutan Gubernur Lampung yang dibacakan Arinal Junaidi, mengatakan bahwa Provinsi Lampung merupakan daerah penghasil utama beberapa komoditi pertanian, khususnya beras, kopi, lada, kakao, tebu, padi, jagung, ubi kayu dan sapi potong. Hal ini tercermin dari kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB ) sebesar 36,8 persen.

Memperhatikan potensi dan kontribusi komoditi pertanian Provinsi Lampung baik skala Regional maupun Nasional sudah sepantasnyalah Pemerintah Pusat memberikan perhatian yang lebih kepada Pemerintah Provinsi Lampung melalui pembangunan sarana dan prasarana perdagangan, antara lain dengan pembangunan gudang dengan sistem resi gudang ini.

Karena dengan resi gudang diharapkan mampu menahan harga agar berada pada tingkat wajar dan menjawab kendala penguatan harga hasil komoditi pertanian serta memberikan manfaat bagi pengusaha kecil, petani dan kelompok tani untuk mengakses permodalan serta memberikan nilai tambah terhadap komoditi pertanian.

Gubernur Lampung juga mengharapkan dengan operasionalnya gudang dengan sistem resi gudang ini dapat menjadi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman terhadap fungsi dan manfaat sistem resi gudang dimaksud sehingga kita dapat bahu membahu membantu masyarakat khususnya petani. (Rb-02/Smj)