Batu Tegi Perlu Sharing Antar Kabupaten

28 Mei 2015 - 18:07:51 | 1252 | BERITA DAERAH

DL/20052015/Pesawaran

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bendungan Batu Tegi Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus Kamis (28/05) dilaksanakan Rapat Koordinasi Sekretaris Daerah Provinsi Lampung dengan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Arinal Djuanidi, Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi, serta seluruh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Lampung Didi Suwandi Sandy, Kepala Cabang PT. Taspen Lampung Bagus Rumbogo, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, Pimpinan Garuda Indonesia Lampung Yurni Fatma.

Mengawali rapat koordinasi Arinal Djuanidi mengatakan terdapat beberapa hal yang akan dibahas dalam rapat ini diantaranya adalah optimalisasi pemanfataan Bendungan Batu Tegi dimana terjadi permasalahan mulai dari penurunan debit air, perubahan alih fungsi daerah genangan yang menjadi lahan pertanian, serta tumbuhnya gulma pada air di wilayah bendungan batu tegi.

Dalam rapat koordinasi ini juga sekaligus sosialisasi dari PT. Taspen tentang aplikasi gaji terbaru yang akan digunakan secara serempak di Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, serta sosialisasi dari PT.Garuda Indonesia tentang Portal Pengadaan Tiket Garuda Indonesia secara elektronik (Garuda Indonesia Government Online System).

Dalam pembahasannya pada optimalisasi pemanfataan Bendungan Batu Tegi diusulkan akan diadakan pembahasan mendalam tentang kebijakan insentif dan disinsentif dalam menjaga daerah resapan Batu Tegi, hal ini untuk menjaga ketersediaan air di Provinsi Lampung dan mendukung program swasembada pangan.

Sedangkan untuk pemeliharaan dan perbaikan daerah resapan waduk Batu Tegi perlu adanya mekanisme sharing bagi Kabupaten yang memanfaatkan aliran air dari waduk Batu Tegi.

Pertemuan Rapat Koordinasi Sekretaris Daerah ini juga membuahkan hasil dengan terjalinnya kerja sama Pemerintah Kabupaten/Kota se-Lampung dengan PT. Taspen tentang penerapan aplikasi gaji yang akan digunakan pada pemerintah Kabupaten/Kota. Kerjasama Pemkab/Pemkot dengan PT.Garuda Indonesia perlu ditindaklanjuti dengan nota kesepahaman atau MoU  tentang Pengadaan Tiket Garuda Secara elektronik (Garuda Indonesia Government Online System). (R-01/Smj)