Pesawaran Potensi Pemasok Bunga Potong

12 April 2015 - 23:27:01 | 2862 | BERITA DAERAH

DL/12042015/Pesawaran

Gagasan mewujudkan Desa Wisata memang bukan hal yang mudah, karena memerlukan pengertian banyak pihak.  Desa Wisata yang pertama diangkat ke permukaan di wilayah kabupaten Pesawaran adalah dusun Dam C, desa Wiyono.

Dalam Pra-Launching Desa Wisata, Minggu (12/4) dibuka Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Jaka Sungkawa. Pemrakarsanya adalah Herman Soesilo yang sejak awal mengedepankan optimistisnya untuk membentuk Desa Wisata tersebut.

Menurut Herman, Desa Wiyono punya potensi besar menjadi pemasok Bunga Potong di provinsi Lampung, mengingat situai dan kondisi alamnya yang sangat mendukung. “Wiyono memiliki daerah pegunungan yang mempesona, sejuk dan cukup banyak air, sehingga tepat dikembangkan untuk penanaman berbagi jenis bunga, yang dikenal menjadi bahan bunga potong yang banyak diperlukan untuk berbagai acara di Lampung,” ujarnya.

Dusun Dam C ditengarai menyimpan potensi unik untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata dan penghasil bunga potong. Sebab di Lampung kebutuhan bunga potong sangat tinggi. “Ini sudah jelas dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, baik sebagai penghasilan tambahan maupun penghasilan pokok,” tambahnya.

Selain itu kawasan ini memiliki potensi luar biasa untuk Wisata Air serta cocok untuk bumi perkemahan maupun wisata keluarga yang unik. (Kod/tirta)