Pemkab Cuek Gagasan Desa Wisata

06 April 2015 - 09:58:55 | 1296 | BERITA DAERAH

DL/06042015/Gedongtataan

---- Dalam jangka panjang Pesawaran akan memiliki Pendapatan Asli Daerah (PA ) yang didapat dari hasil Desa Wisata. Berbagai rencana diantaranya lokasi Wisata Air, Perkemahan Keluarga, pusat penjualan hasil Bumi, Budi Daya Ikan, Outbond hingga Budi Daya tanaman berpenghasilan dan kebun bunga.

Desa Wisata yang Pra Launching diresmikan 12 April mendatang mendapat sambutan hangat warga setempat, pasalnya pihak penggagas bersama sponsor sepakat membangun Dusun Dam C Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran menjadi tujuan wisata.

Soesilo yang merupakan penggagas dari PT Elang Utama Perkasa mengatakan,  upaya Desa Wiyono di jadikan Daerah Desa Wisata, bukanlah sebatas angan-angan akan tetapi daerah yang ada kemiripan dengan di Jawa Barat merupakan awal ide itu tercetus.

"Namun sayang gagasan ini kurang mendapat respon dari Instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Pesawaran, meski demikian pra launching tetap berjalan sesuai dengan jadwal, dan beberapa pihak sponsor telah mendukung," jelasnya.

Masyarakat Dam C  nantinya akan mendapat kepercayaan langsung oleh pihak manajemen untuk mengelola Desa Wisata, dimana hasilnya 80 persen untuk Dusun selebihnya untuk manajemen penggagas.

Nantinya dimulai dengan pembangunan Wisata Air dengan memanfaatkan Dam C yang airnya sangat melimpah. (R-01/Kod)