Dana Desa Dikucurkan Tiga Tahap

24 Februari 2015 - 10:31:37 | 1836 | BERITA DAERAH

DL/24022015/Pesawaran

Dana Desa yang menjadi salah satu janji pemerintah, kini mulai direalisasikan. Dari besar dana yang dialokasikan, akan dikucurkan melalui tiga tahapan. Ini diungkapkan Kepala Sub Bidang Pemerintahan Desa, Kabupaten Pesawaran, Hery Apriansyah, kepada detiklampung.com, Senin (23/2).

Menurut Hery sesuai dengan Perpres No.162 tahun 2014 tentang Dana Desa, rencananya akan segera dikucurkan tahap pertama April mendatang. " Sesuai Perpres tersebut, Dana Desa akan dibagikan secara bertahap per triwulan. Tahap pertama dan kedua sebesar 40 persen, dan tahap ketiga sebesar 20 persen," jelasnya.
Tetapi ada  perubahan yang dilakukan beberapa hari lalu ditingkat Kementrian, yang menyatakan belum bisa dipastikan pada bulan April nanti. " Sampai saat ini kita masih menunggu kembali keputusannya kapandicairkan, karena waktu rapat dengan Kabid beberapa hari lalu, belum ditentukan kapan waktunya," ujar Hery.

Kabupaten Pesawaran sudah terima besaran angkanya yakni Rp. 16,6 miliar untuk Dana Desa tahun ini, yang bersumber dari keuangan Negara.  Namun kemungkinan ada perubahan tentang penambahan dari Dana Desa tersebut.

" Kami akan buat peraturannya dulu untuk besaran dana yang diterima desa di Kabupaten ini, dengan mengacu kepada 4 indeks kesulitan sesuai dengan PP No.60 th 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN diterapkan berdasarkan Indikator perhitungan Dana Desa.  Seperti, jumlah penduduk, luas wilayah, angka kemiskinan dan tingkat kesulitan geografis dan sebagainya," tambahnya. ( R-01/Kod )